Cara Mudah Belajar SEO Untuk Video YouTube

Cara Mudah Belajar SEO Untuk Video YouTube - Banyak sekali cara untuk mempelajari SEO. Pada artikel ini akan coba saya uraikan satu per satu dan mohon untuk membaca sampai selesai agar teman-teman dapat memahaminya secara keseluruhan.

Secara yang paling mudah adalah sharing langsung dengan YouTubers yang sudah berpengalaman. Sehingga bisa tanya langsung tanpa menghabiskan banyak waktu. Hanya saja permasalahannya adalah tidak semua YouTubers paham akan hal ini.

Cara Mudah Belajar SEO Untuk Video YouTube

Sehingga menutup kemungkinan sedikit sulit untuk mencari wadah sharing yang tepat. Hal ini berdampak kenapa YouTubers didaerah tertentu lebih suka memanggil YouTubers ibukota dimana pengalamannya memang sudah di akui.

Buat kalian yang masih kesulitan dalam mencari cara. Tenang saja. karena media yang paling simple adalah internet. Kalian bisa browsing di google bagaimana cara membuat SEO YouTube yang baik.

Di YouTube sendiri memberikan kalian banyak informasi tentang SEO. Hal ini mungkin bisa memberikan kalian pencerahan. Tapi tenang saja saya juga akan memberikan sedikit cara bagaimana supaya video YouTube sobat bisa menduduki rank satu di pencarian.

Kalau menurut sobat masih kurang lengkap maka solusinya adalah dengan membeli buku yang berkaitan dengan YouTube atau belajar menjadi YouTubers. Saya yakin pasti ada di toko buku yang sudah terkenal.

Tau kan maksud saya? Toko buku yang di awali dengan huruf “G” nah kalian cari saja disana di bagian teknologi atau apapunlah. Asal jangan cari di bagian buku cerita anak. Apalagi bagian perawatan tumbuhan. Yang ada kalian banting stir jadi petani sayur. Hadeh.

Keuntungan Membeli Buku

Selain belajar SEO dari buku. Didalam buku juga sangat lengkap, kalian bisa mendapatkan informasi lebih. Sebanding dengan uang yang sudah kalian keluarkan untuk membeli buku tersebut.

Jadi belilah buku kalau tidak mau kesulitan dalam belajar. Kalau bisa carilah buku yang ada kasetnya. Siapa tahu kalian adalah orang yang tipe belajarnya tidak membaca melainkan menggunakan visual.

Itu akan sangat membantu sekali untuk anak anak yang cara belajarnya menggunakan visual. Asalkan jangan salah beli buku. Nanti malah isinya kaset kumpulan lagu lagu mandarin. Wah kan salah besar.

Niat nya belajar YouTube malah jadi karokean sama tetangga sebelah. Nggak jadi deh belajarnya. Al hasil nanti malah jadi penyanyi kondang. Tapi boleh juga tuh. Kan bayarannya lumayan.

Apa saja yang mempengaruhi SEO?


So anda sekarang berada pada point yang paling penting dalam postingan ini. Mungkin kalian sudah menunggu bagaimana atau apa sih yang bisa bikin video YouTube saya naik ke atas.

Sudah kebelet tenar nih gua. Ayo buruan. Eits santai bro. Untuk mencapai ketenaran butuh proses. Kecuali kalian pakai cara panjat sosial ya. Nah itu beda lagi. Kalian tidak perlu memahami benar cara SEO. Dan lain-lain.

Cukup perbanyak kolaborasi saja. ya namanya juga panjat sosial. Tidak perlu keluar banyak tenaga sob. Santai saja. masalahnya siapa yang mau di panjat kalau tidak ada orang yang bisa di panjat sosialnya?

Mau panjat pohon pisang? Kaga bisa kerendahan. Atau mau panjat pohon pinang. Lah belum tujuh belasan kali bro. Oleh karena itu lebih baik berusaha sendiri lebih baik dan lebih mempunyai track record yang berkenang dalam sejarah karir YouTube sobat.

Durasi (pertama)

Kalian percaya nggak sih kalau durasi video yang anda upload di YouTube itu berpengaruh pada tingginya video anda muncul dalam pencarian YouTube? Tidak? Bagaimanapun juga video dengan durasi panjang di YouTube dapat memberikan peluang untuk menempati posisi paling teratas.

Mungkin para blogger paham mengenai hal ini. Di dunia blog sendiri anda juga tau kan semakin panjang postingan maka peluang muncul makin tinggi. Mengapa? Karena konten anda di nilai lebih berisi oleh SEO sendiri atau dari mesin pencariannya.

Tapi jangan sembarang isi konten ya. Nanti malah dibuat setengah jam lagi. Wah kacau malah intro Channelnya di ulang-ulang sampai 20 menit lagi. Bukan itu yang saya maksud. Kalau kalian tidak bisa membuat durasi yang panjang tidak masalah.

Semua bergantung pada jenis video kalian. Kalau kalian membuat video tutorial biasanya panjang tuh. Karena untuk membuat video tutorial dan mempraktekkan sesuatu agar dimengerti membutuhkan durasi yang cukup lama.

Asalkan tidak terlalu kepanjangan, boleh membuat durasi videonya panjang asalhkan apa yang di jelaskan dalam praktek sangat jelas dan detail. Kalau penjelasannya saja singkat tapi durasi panjang. Wah kacau kan.

Saran saya jangan terlalu memaksakan video kalian. Semua tergantung pada tema. Ya kali vlog pengen banget duduk di posisi pertama. Yah sedikit mustahil sih. Lagian vlog doang pengen duduk nomor satu. Wah jangan dulu deh.

Vlog Tidak Disarankan Untuk Youtubers Pemula


Kenapa? Kalau kalian YouTubers baru, ngapain menjadi vlog? Apakah orang-orang awam kepo dengan aktivitas kalian? Kemungkinan besar tidak. Kecuali kalian ada yang menjual. Seperti muka kalian cantik atau ganteng.

Itu juga tidak menjamin 100% kalian akan cepat tenar. Karena memang banyak kejadiannya seperti itu. Saran sih kalau Channel masih baru. Cari lah konten apa yang cocok dengan kalian. Jangan terlalu memaksakan apa yang tidak mampu anda lakukan.

Contoh buat video parkur dari lantai 10. Nah itu susah kan. Yang ada nanti mati ketabrak sama burung walet. Kan cemen banget jadinya. Matinya nggak keren gitu. Jadi jangan. Coba cari tau konten apa yang melekat pada diri sobat.

Thumbnail (kedua)

Cara Mudah Belajar SEO Untuk Video YouTube

Ini juga penting nih sob. Kalau video kalian sudah berhasil duduk pada posisi pertama ini memberikan kalian celah untuk bersaing. Kenapa? Karena meskipun video sudah duduk pada posisi pertama hanya saja tidak eye catching. Percuma.

Oleh karena itu berilah para penikmat video celah untuk melihat video kalian dan mempunyai pola pikir bahwa video YouTube kalian itu bagus. Dengan apa caranya? Ya itu dengan thumbnail kalian itu.

Buat thumbnail tidak perlu alay. Simple tapi berkelas. Susah ya? Memang. Mesti belajar dan butuh proses. Lama lama juga bisa. Tenang saja. kebanyakan orang mengabaikan tahap ini. Karena malas buat thumbnail.

Meskipun YouTubers yang suksespun sangat memperhatikan teknik thumbnail ini.

Judul (ketiga)

Ini sudah saya bahas sebelumnya kan? Kalau bingung silahkan baca lagi di atas.
Satu lagi tambahan. Jadi buatlah judul yang mudah dicari. Maksudnya adalah biasa anda mengetik judul kan dengan kata kata anda sendiri? Dan setiap orang tentu mempunyai cara tersendiri untuk menulis keyword.

Tugas anda adalah menyimpulkan semua Keyword yang sering digunakan di mesin pencari youtube dan membuat satu keyword universal yang sangat mudah dan paling banyak digunakan dalam melakukan pencarian. Sudah paham kan?

Tags (Ke empat)

Sama hal nya dengan judul, tags saya sarankan jangan dikasih terlalu banyak. Cukup satu atau dua tags yang menjurus pada judul konten. Jadi harus saling berkaitan supaya akurasi mesin pencari tepat dan tidak ngaasal.

Oke sekian dulu postingan mengenai Rank Video YouTube. Saya sendiri tidak mengharapkan video duduk pada rank pertama. Cukup video masuk pada page pertama saja sudah sangat membantu.

Dengan memberikan thumbnail yang bagus maka video rank pertama juga akan kalah dengan thumbnail yang menjual. Makanya itu sangat penting. Sudah saya katakan.

0 komentar:

Post a Comment