Cara Aman Bermain Adsense YouTube Tanpa Takut Di Banned Atau Di Suspends

Cara Aman Bermain Adsense YouTube Tanpa Takut Di Banned Atau Di Suspends - Sekarang ini sangat banyak channel YouTube yang dibanned ataupun disuspend hal ini tentu meresahkan para YouTuber, terutama bagi mereka yang videonya sudah cukup banyak dan juga sudah cukup menghasilkan uang dari videonya itu.

Tapi dibalik kejadian itu, ada hikmah yang bisa kita dapat. Bahwasanya, YouTube tidak bisa di jadikan tempat bermain-main soal hak cipta ataupun pelanggaran kebijakan. Dan pada artikel ini terdapat beberapa referensi dan cara untuk bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang dan tidak takut dibanned atau suspends. Tapi, pahami dulu penyebab suatu channel di banned.

Beberapa Alasan Penangguhan Atau Penghapusan Channel Youtube (Suspends / Banned)


1. Hak Cipta


Sebelum kita membuat channel dan bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang, pastinya kita telah mengetahui mengenai kebijakan yang ditetapkan oleh pihak YouTube, terkait hak cipta (konten audiovisual, dan lain sebagainya) yang kita gunakan untuk video kita. Kecuali kalau Anda tidak membacanya terlebih dulu. Hak cipta sendiri, berguna untuk menjaga konten orang lain dari tindakan salah penggunaan ketika di gunakan orang lain.

Banyak sekali dimana sekelompok orang yang mengunggah acara televisi untuk kepentingan komersil pribadi seperti mendapatkan uang dari AdSense. Pastinya hal itu bisa dikatakan sangat merugikan pihak yang mempunyai konten aslinya. Makanya tidak heran sekarang banyak stasiun televisi yang melindungi Channel YouTube dengan Content ID. Itu agar konten mereka tidak di salah gunakan lagi.

Cara Aman Bermain Adsense YouTube Tanpa Takut Di Banned Atau Di Suspends

Selain bertujuan untuk melindungi konten asli sang pemilik hak cipta juga berguna untuk kita agar bisa menghargai karya orang lain yang sudah susah payah mereka buat, akan tetapi kita dengan semena-mena mencurinya demi mendapatkan recehan dari AdSense.

Bukankah itu hal yang normal, kalau YouTube melarang kita menggunakan konten berhak cipta? Maka, Anda akan menyalahkan siapa? Pastinya Anda tidak bisa menyalahkan YouTube, dan tidak bisa juga menyalahkan pemilik konten. Karena mereka punya kuasa. Sekarang, mulailah berkarya sendiri dan buat konten sendiri.

2. Kebijakan Konten


Di YouTube, banyak sekali macam-macam video. Mulai dari animasi, Game, parodi, vlog, prank, dan sebagainya. Akan tetapi, tidak serta-merta kita bisa mengupload video apapun seenaknya. Apa lagi untuk mendapatkan uang dari AdSense, itu tidak akan bisa. Sekalipun bisa, pastinya ada masa dimana video itu akan mendapat teguran. Kalau sudah mendapat teguran, maka efeknya akan ke reputasi channel Anda.

YouTube tidak memperbolehkan kita untuk mengunggah konten dewasa apalagi untuk kepentingan komersil. Memang terdapat konten dewasa di YouTube, tapi itu mereka menggunakan YouTube Red. Artinya mereka membuat konten dengan di biayai oleh penggemar mereka. Akan tetapi di Indonesia belum tersedia, maka gunakanlah kebijakan konten sebaik-baiknya. Apalagi jika kita bisa memberi manfaat yang baik dari konten tersebut untuk orang lain, lalu kenapa harus menggunakan konten negatif?

Jangan hanya karena AdSense, kita lekas mengabaikan kebijakan konten YouTube. Ingat! AdSense itu hanya recehan. Kalau Anda ingin bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang dan dapat uang yang banyak, maka haruslah Anda bekerja. Kalau ingin instan, maka teruslah bermimpi! Apakah Anda akan mendapatkannya?

Pastinya tidak! Sama halnya di YouTube, mereka juga tidak instan untuk mendapat penghasilan tetap dari AdSense. Mereka pastinya terus bekerja keras demi membuat konten yang terbaik untuk penonton YouTube. Dan kita dengan seenaknya mengunggah video karya orang lain, dan lebih parahnya video apa saja di upload dan semua itu dilakukan hanya untuk AdSense.

3. Teguran Dari Komunitas Youtube


Masalah teguran dari pedoman komunitas YouTube, pastinya tidak bisa lepas dari isi konten yang kita unggah. Apakah ada pelanggaran berat yang kita buat, atau masih bisa di maklumi? Semua tergantung dari tingkat pelanggaran yang kita buat.

Komunitas YouTube, bukanlah sekelompok yang menamakan dirinya sebagai anggota komunitas YouTube, tapi ditunjukkan untuk orang-orang yang aktif menggunakan YouTube (bisa di katakan konten kreator dan penonton).

Kalau seperti itu, pastinya mereka bahkan kita punya kendali penuh untuk melaporkan channel-channel yang mempunyai pelanggaran atas penyalahgunaan kebijakan YouTube, ataupun melaporkan konten-konten yang tidak layak untuk di tonton.

Di sini, kita mempunyai tiga kali kesempatan. Kalau telah mendapat tiga kali teguran dari komunitas YouTube, maka bisa dipastikan channel kita akan mendapat reputasi buruk.

Jika sudah seperti itu maka akibatnya kita tidak bisa mengunggah video lagi dan parahnya channel kita bisa di hapus dari YouTube tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dan ada saat dimana kita tidak perlu menunggu tiga kali teguran. Karena banyak channel yang mengunggah video langsung di hapus oleh YouTube. Karena tingkat pelanggaran nya tidak bisa di maafkan lagi.

Tips Bermain Adsense Youtube Untuk Jangka Panjang


Kalau kita sudah memahami hal-hal yang membuat channel kita di hapus oleh YouTube, pastinya kita pun harus berhati-hati. Oleh karenanya, mari kita perbaiki reputasi kita terlebih dulu di mata YouTube, sebelum channel kita.

Karena dengan begitu kita akan tahu kenapa YouTube begitu ketat. Semua aturan tersebut bertujuan karena YouTube pun ingin membuat para penggunanya nyaman dan memberi pengalaman seru dari YouTube, setelah melihat video-video yang ada di YouTube mereka. Dan ini adalah beberapa metode yang harus dilakukan untuk bermain AdSense YouTube.

  1. Perbaiki Reputasi Diri Sendiri
    Maksud dari memperbaiki reputasi diri sendiri di mata YouTube, adalah dengan cara menghargai karya dari para konten kreator. Caranya dengan menonton video mereka bukan video dengan konten re-upload dan juga dengan cara memberi komentar yang bermanfaat untuk memotivasi para konten kreator agar semangat membuat konten lagi.

    Anda pastinya mempunyai channel kesukaan kan? Mulailah dari channel tersebut, dengan sehingga Anda mulai bisa memperbaiki reputasi diri Anda sendiri di YouTube. Maka nama Anda akan di kenal baik oleh para youtuber yang lainya.

  2. Perbaiki Reputasi Channel
    Mungkin Anda sudah tahu maksud dari perbaiki reputasi channel? Yaitu dengan cara mengunggah konten yang bermanfaat bagi penonton setia channel Anda. Dalam hal ini anda pasti tahu konten seperti apa yang bermanfaat, bukan? Tidak lebih adalah konten asli buatan sendiri.

    Walaupun hasilnya buruk, tapi setidaknya itu buatan sendiri, dan bukan hasil re-upload dari video milik orang lain. Lagipula, mempunyai karya sendiri itu lebih menyenangkan ketimbang mencuri dari punya orang lain. Ya walaupun hasilnya lebih bagus dari orang lain. Hikmahnya adalah kita bisa belajar banyak dan suatu saat kita pun akan terkenal dengan karya sendiri.

  3. Fokus Pada Kualitas Konten Dari Pada Adsense
    Tidak sedikit orang yang membuat channel YouTube dengan tujuan untuk memperoleh uang dari AdSense. Sehingga tidak pernah terlintas di pikiran mereka mengenai kualitas konten. Padahal, kalau dipikirkan dengan cara yang baik, kualitas konten itulah yang akan mendatangkan banyak uang. Tidak hanya dari AdSense tetapi dari perusahaan besar pun bisa. Dengan cara mengiklankan produk mereka secara langsung dan bayarannya lebih mahal dari AdSense.

    Dengan mementingkan kualitas konten, pastinya kita pun akan berpantangan untuk mencuri konten orang lain. Dalam artian, kita lebih suka membuat sendiri dari pada memakai punya orang lain. Walaupun hasilnya berbanding jauh dengan video orang lain, tetapi kita bisa menggunakan AdSense YouTube untuk jangka panjang.

Misalnya bila kita mengunggah video orang lain dalam sehari mendapat 1000 view, tapi kalau video sendiri hanya 10 view. Itu tetap tidak akan berpengaruh, kalau kita tetap memikirkan kualitas konten. Dan pastinya saja, kita akan terus belajar hingga bisa menjadi konten kreator yang menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan mendapat banyak uang dari karya kita sendiri. Bukalah itu lebih baik?

Kesimpulannya

Janganlah kita terus mengandalkan AdSense untuk memperoleh pendapatan tetap. YouTube itu sudah seperti ajang sarana hiburan untuk kita, untuk semua pengguna internet. Alangkah lebih baiknya kita menyalurkan bakat kita, kreatifitas kita, karya kita di YouTube. Dan itu juga untuk hiburan orang lain. Dengan begitu, orang lain akan tahu siapa kita, dan karya apa saja yang sudah kita buat?

Lagi pula, kalau kita hanya bisa mere-upload video orang lain, sudah di pastikan bahwa kita bukanlah orang yang mau bekerja keras. Maka, apakah Anda mau di cap sebagai orang yang pemalas? Kalau tidak, mulailah bekerja dengan membuat karya sendiri. Mengenai audio, YouTube sudah menyediakan. Tinggal kita nya saja yang harus bisa memuat otak kita untuk membuat karya yang hebat di YouTube.

Kalau Anda ingin bermain YouTube untuk jangka panjang, maka hindarilah tindakan mencuri konten orang lain, dan berhentilah re-upload video milik orang lain. Berusahalah untuk membuat konten yang berkualitas agar bisa dinikmati oleh para pengguna youtube.

Di situlah Anda akan di nilai dari orang yang menonton video Anda. Dan dari situlah, nama Anda akan mulai di kenal banyak orang. Maka, lebih baik konten sendiri atau konten orang lain? Pastinya itu saya kembalikan pada diri kita masing-masing.

3 comments: