Pentingnya Kecepatan Loading Website Untuk Menempati Posisi Teratas Di Google Search

Pentingnya Kecepatan Loading Website Untuk Menempati Posisi Teratas Di Google Search - Loading atau biasa disebut Buffering pada sebuah Website merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pengelola Website atau Blog, hanya saja sayangnya tidak semua pemilik Website mau mengoptimalkan kecepatan loading Website mereka dengan berbagai alasan. Terlebih bagi kamu yang tengah mengoptimasi suatu Website untuk bisa menempati peringkat pertama di Google, maka kecepatan loading halaman Web harus benar-benar diperhatikan. Perlu diketahui bahkan buffering atau loading pada Website yang begitu lama bisa menjadi salah satu penyebab gagalnya Optimasi SEO yang dilakukan untuk memeringkatkan keyword dari Website tersebut.

Pentingnya Kecepatan Loading Website Untuk Menempati Posisi Teratas Di Google Search

Seperti yang kita tahu bahwa Google membenci situs yang lambat dan memiliki waktu respon Server yang tinggi. Google pun sudah mengeluarkan teknologi AMP (Accelerated Mobile Pages) yang direkomendasikan untuk diterapkan pada Website maupun Blog kamu. Google sangat memperhatikan pengalaman pengguna, salah satunya adalah pengiriman konten yang cepat dan responsif.

Pentingnya Kecepatan Loading Website Untuk Peringkat Yang Bagus Di Google


Mesin Google akan merayapi seluruh situs-situs yang tampil di SERP mereka hanya saja perlu diketahui jika waktu respon Website lambat maka Google akan melewati situs kamu dan datang di kemudian waktu. Kalau tidak salah situs kamu akan dilewati begitu saja oleh perayapan Google jika loadingnya lebih dari 2 detik. Sehingga kecepatan loading pada sebuah Blog atau Website adalah faktor onpage yang harus lebih dulu kamu lakukan sebelum melakukan tahap optimasi berikutnya.

Rata-Rata Website Yang Ranking Memiliki Load Time Yang Baik


Berdasarkan yang saya ketahui rata-rata Website yang peringkat di Google untuk kata kunci yang populer atau kata kunci komersil memiliki load time atau waktu repon Server yang baik. Sangat jarang saya menemukan Website populer yang menempati ranking teratas memiliki loading yang begitu lama saat memuat laman, sehingga ini adalah salah satu cara SEO onpage yang bisa mempengaruhi blog untuk menempati halaman pertama di google search.

Penyebab Lambatnya Website Ketika Diakses


Penyebab Website terasa lambat dan berat ketika diakses secara umum disebabkan oleh struktur dari Website itu sendiri meliputi coding dan scripting yang perlu dimaksimalkan lagi dan faktor dari Server hosting yang digunakan. Kedua penyebab tersebut adalah hal umum yang terjadi pada sebuah Blog atau Website.

Untuk dari sisi Onpage kamu bisa memanfaatkan tool gratis dari GTMetrix untuk mengetahui elemen-elemen apa saja yang menyebabkan loading Website kamu melambat beserta tips memperbaikinya.

Tips Sederhana Meningkatkan Kecepatan Loading Website


Mungkin sebagian besar pengguna ingin meningkatkan kecepatan loading Websitenya hanya saja bingung cara melakukannya terutama dibagian pemrogramannya. Jelas saja karena pemrograman tingkat lanjut hanya bisa dilakukan oleh orang yang memang sudah berkompetensi di bidang tersebut. Hanya saja saya akan memberikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan di Website kamu diantaranya:

Dari Sisi Server Hosting

  • Jika menggunakan shared hosting maka pilihlah hosting yang berteknologi Litespeed
  • Jika memungkinkan gunakan VPS atau dedicated Server dengan Nginx WebServer
  • Pilih lokasi Server terdekat dengan pengunjung Website kamu
  • Sediakan spesifikasi hosting yang agak longgar
  • Usahakan memilih hosting yang belum terlalu banyak klien
Dari Struktur Website

  • Gunakan CDN, bisa menggunakan CloudFlare ada versi gratis dan berbayar
  • Gunakan theme atau template yang responsif
  • Kurangi elemen-elemen yang dirasa tidak penting yang tampil disemua halaman Website
  • Kompres gambar, bisa menggunakan tinypng.com

Cara Cek Waktu Respon Server Hosting


Cara paling mudah cek waktu respon Server adalah dengan menggunakan tools gratis dari Google yakni PageSpeed Insight, silahkan masukkan domain kamu dan klik Analisis. Kalau pada bagian pengoptimalan situs muncul Mengurangi waktu respon Server itu artinya kecepatan loading Website kamu diatas dari yang direkomendasikan oleh Google.

Pentingnya Kecepatan Loading Website Untuk Menempati Posisi Teratas Di Google Search

Kalau saat diuji ternyata tidak ada pemberitahuan untuk memperbaiki waktu respon Server maka artinya kecepatan loading Website kamu sudah memenuhi kriteria yang direkomendasikan oleh Google. Rata-rata lamanya waktu respon Server Website yang dihosting di Indonesia adalah sekitar antara 0,3 – 0,8 detik.

Laporan yang diberikan oleh PageSpeed Insight ini bisa jadi berbeda-beda tiap waktunya, hanya saja seharusnya tidak terpaut jauh secara signifikan dan ada banyak faktor yang mempengaruhinya seperti perutean dan prosentase sumber daya hosting yang digunakan saat itu.

Berapa Waktu Respon Server Yang Direkomendasikan Google?


Lamanya loading sebuah web yang direkomendasikan oleh Google adalah dibawah 0,2 detik, jika ketika di cek di PageSpeed Insight tidak muncul saran perbaikan di waktu respon Server artinya hosting kamu merespon permintaan dibawah 0,2 detik dan itu sudah cukup baik.

Pentingnya Kecepatan Loading Website Untuk Menempati Posisi Teratas Di Google Search

Laporan waktu respon Server yang ditampilkan juga terkadang berbeda-beda tapi seharusnya tidak terpaut terlampau jauh. Biasanya walaupun struktur Websitenya kurang baik dari segi SEO dan perlu banyak perbaikan tapi kalau Server hostingnya bagus load time yang dihasilkan tetap baik.

Cara Agar Mendapatkan Waktu Respon Dibawah 0,2 Detik?


Caranya adalah memperbaiki struktur Website dan memilih hosting terbaik, pilihlah hosting yang belum ada terlalu banyak klien atau bisa juga gunakan VPS atau bahkan Dedicated Server. Untuk VPS sendiri sepengalaman bisa mendapatkan respon dibawah 0,2 detik dengan 4 Core CPU dan 4 GB RAM, ada sih yang 2 CPU dan 2 GB RAM tapi cukup jarang. Pilih juga Server yang paling dekat dengan target visitor Website kita, misal untuk visitor Indonesia bisa memilih hosting di Indonesia atau kalau hosting di Indonesia mahal bisa pilih hosting yang berServer di Singapore. Teknologi yang diterapkan dari hosting juga mempengaruhi dari jenis penyimpanan yang digunakan, network transfer pilihlah yang minimal 1 Gbps dan lain sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment