Cara Mudah Menaikan Page Rank Blog Baru

Cara Mudah Menaikan Page Rank Blog Baru - Banyak sekali faktor yang menentukan kualitas sebuah Website atau Blog. Salah satu faktornya adalah besar atau tidaknya page rank. Semakin besar page rank suatu Blog, maka akan semakin besar juga peluang Blog muncul di halaman pertama Google.

Cara Mudah Menaikan Page Rank Blog Baru

Sebagai contoh sebuah Website yang memiliki pagerank 10 akan di tampilkan di halaman teratas terlebih dahulu, baru setelah itu Website dengan page rank 9, dan seterusnya.

Wikipedia adalah contoh Website yang memiliki page rank besar. Maka jangan heran kalau setiap artikelnya akan tampil di halaman pertama Google.

Cara mudah menaikan page rank suatu Blog


Pada artikel kali ini akan mencoba untuk memberikan beberapa cara untuk menaikan nilai page rank suatu Blog.

Sebelum mulai menunjukan caranya, pertama – tama saya akan memberitahu apa sih page rank itu?.
Page rank adalah sebuah algoritma yang dibuat oleh Google sebagai tolak ukur kualitas sebuah Website dan untuk menentukan situs Web yang lebih populer. Google akan memberikan angka kisaran 1 – 10 untuk menilai kualitas suatu Website. Sebuah Blog baru akan memperoleh page rank 0 atau N/A.

Semakin lama umur domain maka akan semakin bertambah juga nilai page ranknya. Hanya saja selain menghitung umur Google juga menentukan nilai page rank dari kualitas Blog dan Backlinknya. Semakin banyak kita mendapat Backlink maka akan semakin besar pula page ranknya.

Baiklah langsung saja pada pokok pembahasan materi sesuai judul pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk menaikan page rank Blog atau Website anda.

Buatlah Artikel Berkualitas
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buatlah artikel berkualitas dan beda dari yang lain. Search Engine seperti Google sangat menyukai artikel yang unik dan berkualitas. Dengan artikel berkualitas ini anda bisa menggebrak para Blog pesaing sehingga artikel tersebut bisa muncul di halaman pertama Google.

Selain membuat artikel berkualitas, sebaiknya anda juga harus rajin update artikel. Karena Google memberitahukan para Webmaster untuk mengupdate Blognya minimal satu bulan sekali agar rankingnya tidak merosot.

Kalau terlalu sibuk, anda bisa memanfaatkan fitur jadwal upload artikel pada WordPress atau Blogger.

Optimasikan SEO
Sebelumnya saya sudah menyarankan untuk membuat artikel berkualitas. Hanya saja selain itu anda juga perlu mengoptimasikan On Page SEO.

Ada banyak sekali teknik On Page SEO, diantaranya seperti:

  • Mengoptimasikan penggunaan tag H1 – H6
  • Memasang meta deskripsi
  • Menaruh internal link
  • Menaruh link out
  • Memberikan tag alt pada gambar
  • Dan masih banyak lagi
Saya jamin setelah menerapkan semua hal tersebut Blog anda pasti akan muncul di halaman pertama Google.

Kirim Artikel Ke Submission Directory
Saat mengirim artikel ke tempat tersebut kelebihan yang akan kita dapatkan adalah mendapat Backlink gratis. Hanya saja sebelum di publish biasanya artikel akan di review dulu oleh pengelolanya. Kalau artikel di setujui mereka akan memberikan inbound link ke Blog milikmu.

Contoh submission directory yang terkenal di indonesia adalah VIVAlog.

Kirim Guest Post
Cara lain untuk memperoleh Backlink adalah dengan mengirim guest post (contohnya seperti saya ini). Hanya saja ketika membuat sebuah guest post diusahakan untuk membuat artikel berkualitas dan unik supaya menguntungkan kedua belah pihak (pihak pertama mendapat pengunjung / pihak kedua mendapat Backlink.

Dan perlu diperhatikan sebelum anda mengirim guest post adalah pastikan Blog yang akan anda kirim arti/kel itu memiliki reputasi yang bagus di mata Google.

Ikuti Lomba Menulis Artikel / Kontes
Dengan mengikuti lomba ini kita akan memperoleh beberapa kentungan. Diantaranya adalah kalau kita memenangkan lomba ini maka kita akan memperoleh uang. Selain itu lewat lomba ini juga kita bisa mempromosikan Blog ke orang lain agar di kenal.

Kelebihan lain yang akan kita dapatkan kalau sering mengikuti lomba ini adalah membuat kualitas tulisanmu akan semakin baik.

Jangan Sampai Ada Broken Link (Link Rusak)
Ini adalah salah satu faktor penting penentu page rank. Kalau sampai ada broken link di Blog, Google akan menganggap Blog tersebut kurang bagus. Hal ini bisa saya sebutkan karena kebanyakan Website page rank besar (wikipedia, facebook dan lainnya) tidak memiliki broken link.

Ada beberapa cara untuk mengetahui broken link. Kalau anda menggunakan WordPress instal saja plugin broken link checker. Selain cara tersebut masih ada cara lainnya untuk mengecek, yaitu lewat akun Webmaster Blog yang didaftarkan di Google Webmaster.

Pada halaman Webmaster tersebut kita bisa melihat broken link, Backlink dan sebagainya.

Gunakan Tag Noffolow Untuk Link Out
Langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu menghindari memberikan Backlink gratis ke situs lain. Selain itu ketika membuat artikel usahakan buatlah link out sewajarnya saja. Kalau anda terlalu banyak memasukan link out Google akan menganggapnya sebagai spam.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan page rank Blog dari saya, kalau anda menerapkan semua hal tersebut dengan baik dan benar saya jamin page rank Blog anda akan terus naik.
Semoga berhasil dan terima kasih.

1 comment: