Cara Mudah Meningkatkan Visitor Blog Atau Web Untuk Pemula

Cara Mudah Meningkatkan Visitor Blog Atau Web Untuk Pemula - Untuk merealisasikan apapun target ngeblog Kita, kunci utama yang harus Kita miliki tidak lain adalah trafik. Trafik adalah ukuran bisa atau tidaknya Kita untuk merealisasikan target Kita. Dengan trafik Kita bisa membangun jaringan, personal branding, hingga make money online. Semuanya berawal dari trafik. Tanpa trafik, maka Blog Kita tak ubahnya sebuah pajangan biasa yang tidak bisa menghasilkan apapun untuk Kita.

Cara Mudah Meningkatkan Visitor Blog Atau Web Untuk Pemula

Mendatangkan Visitor ke blog bukan perkara mudah, namun tidak juga berupa pekerjaan yang teramat sulit. Disini yang perlu jadi catatan adalah bahwa membangun trafik Blog itu membutuhkan waktu. Tidak ada jalan pintas untuk mengembangkan visitor blog, Kita harus merangkainya satu demi satu, serta menerapkan langkah-langkahnya secara tepat sehingga kedepannya benar-benar bisa memperlihatkan hasil.

Baca Juga : Alasan Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

Bagaimana Blog Bisa Dikunjungi Oleh Banyak Orang?

Pada dasarnya ada beberapa cara yang digunakan orang untuk mengunjungi situs Blog Kita, mulai dengan cara mengetikkan URL Blog Kita, melalui tautan di situs sosial media seperti Facebook atau Twitter, serta yang paling umum adalah melalui perantara mesin pencari seperti Google Search. Trafik dari mesin pencari pada umumnya mendominasi total presentase sumber lalu lintas blog-blog yang bertebaran di internet sehingga amat penting untuk mengoptimasi blog Kita menjadi sedemikian ramah mesin pencari agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan memperoleh pagerank yang baik.

Cara Membangun Trafik Blog Dari Mesin Pencari
Mendatangkan visitor dari mesin pencari, khususnya Google dapat Kita mulai dengan langkah-langkah sederhana namun harus dilakukan secara konsisten atau berkelanjutan, mulai dari menata struktur template yang memenuhi unsur template SEO friendly, membuat meta deskripsi, membuat meta keyword, memposting artikel berkualitas secara berkelanjutan, mendaftarkan Blog ke Google Search Console, hingga mendapatkan backlink berkualitas (relevan).

Ketika Kita sudah menerapkan sejumlah hal yang saya sebutkan diatas, pada dasarnya Blog Kita seharusnya sudah bisa memiliki trafik. Namun, yang perlu jadi perhatian disini terkait tinggi-rendahnya trafik Blog dalam hal ini akan dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor apa sajakah yang akan mempengaruhi maksimal-tidaknya visitor Blog Kita? beberapa diantaranya adalah kualitas konten/artikel di Blog Kita, volume persaingan di mesin pencari untuk tema yang sama, usia domain (blog) Kita, kekuatan indikator sosial media, dsb.

Cara Mudah Meningkatkan Visitor Blog Atau Web Untuk Pemula


Tidak dipungkiri bahwa salah satu kunci kegagalan ngeblog yang pada umumnya dialami oleh sebagian besar blogger pemula tidak lain adalah karena masalah trafik. Mereka merasa kesulitan untuk mendatangkan visitor sementara disisi lain mereka sudah memposting banyak artikel. Selain itu, mereka juga sudah berusaha melakukan link building secara intens, namun tetap saja statistik trafik Blog mereka belum memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan alias masih sepi visitor.

Sebenarnya apapun yang Kita lakukan serta apapun hasil yang Kita dapatkan itu berbanding lurus dengan apa yang Kita sudah kerjakan. Artinya, kalau Kita sudah berusaha menerapkan kiat-kiat untuk membangun trafik Blog namun hasilnya masih jauh dari espektasi, berarti masih ada yang salah dengan pekerjaan Kita. Tidak ada cara mudah tersembunyi dalam meningkatkan trafik blog. Baik saya maupun Kita, kita sama-sama harus melalui proses. Baik pemula maupun expert, semuanya sama-sama membutuhkan waktu.

Baca Juga :
  1. Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Iklan CPC Google Adsense
  2. Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search
  3. Kenapa Banyak Pengunjung Blog Berasal Dari Yandex.ru dan Rusia ??
  4. Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Backlink Gratis dari Situs Google

Kalau kemudian ada pertanyaan “kenapa expert blogger cenderung lebih mudah meningkatkan visitor Blog mereka?” jawabannya sebenarnya sangat sederhana, karena mereka tahu langkah-langkahnya dan mereka menerapkan langkah-langkah tersebut secara benar serta tidak terpotong-potong. Inilah yang kemudian membedakan hasilnya. Dibawah ini merupakan rangkuman cara mudah meningkatkan tafik Blog yang bisa Kita terapkan dengan sebaik mungkin, dan lihatlah hasilnya dalam beberapa bulan kedepan.

  1. Pilih Tema Yang Tepat
    Seperti saya singgung diatas, bahwa tinggi-rendahnya visitor Blog amat bergantung pada volume pencarian. Kalau Kita ingin memperoleh trafik secara maksimal, maka Kita harus memilih tema atau niche yang memiliki jumlah pencarian terbanyak. Beberapa niche Blog dengan jumlah pencarian terbanyak diantaranya adalah niche informasi terkini, niche pendidikan, tutorial, teknologi, bisnis online, dll.

  2. Jangan Memposting Artikel Dibawah Kualitas
    Harap dicatat, apapun teknik optimasi yang Kita terapkan, kunci utamanya adalah artikel berkualitas. Tanpa artikel berkualitas, tidak akan ada banyak perbedaan yang bisa Kita lihat. Hindari memposting artikel yang tidak memenuhi unsur artikel SEO friendly. Bagaimanakah artikel SEO friendly itu? Artikel SEO friendly dalam artian yang luas adalah artikel yang padat, unik (asli), memberi solusi, serta ditulis dengan tag yang terstrukur dengan baik.

  3. Gunakan Situs Sosial Media Untuk Membangun Pagerank
    Matt Cutts pernah menjelaskan, Google menggunakan lebih dari 200 indikator dalam proses pemeringkatan, serta salah satunya adalah indikator dari situs sosial media. Situs Blog yang memiliki popularitas bagus di situs sosial media mencerminkan kualitas situs Blog tersebut. Artinya, situs Blog tersebut berpotensi mendapatkan pagerank yang lebih baik karena sudah memenuhi salah satu indikator proses pemeringkatan. Apa yang perlu Kita lakukan? jawabannya, sudah barang tentu mulailah membangun popularitas Blog Kita di sosial media dengan cara membangun komunitas serta membagikan artikel Kita.

  4. Lakukan Internal Linking
    Internal linking yang saya maksudkan disini adalah menautkan antara satu artikel dengan artikel lainnya dalam satu Blog yang memiliki tingkat relevansi paling baik. Misalkan hari ini Kita memposting artikel dengan judul “cara membangun traffic Blog untuk pemula”, kemudian keesokan harinya Kita kembali memposting artikel yang berketerkaitan “penyebab Blog baru masih sepi visitor”, nah buat keduanya menjadi saling terhubung dengan internal linking. Ini akan meningkatkan kuantitas SEO masing-masing artikel sehingga lebih berpeluang memperoleh pagerank tinggi di search engine.

  5. Percepat Loading Blog Kita
    Poin ini terkesan sepeleh, tapi ternyata dampaknya cukup besar. Misi setiap mesin pencari pada umumnya adalah memberi pengalaman terbaik bagi penggunanya. Sebut saja Kita memiliki Blog dengan ukuran waktu muat yang cukup lama, apakah visitor Blog Kita akan mendapatkan pengalaman terbaik dari kunjungannya? Tentu saja tidak.

    Nah, disini mesin pencari seperti Google sangat memperhatikan poin yang satu ini serta menjadikannya sebagai salah satu indikator pemeringkatan. Guna membantu Blog Kita bisa memperoleh peringkat terbaik di index hasil pencarian mesin pencari, pastikan Blog Kita memiliki waktu muat yang cukup cepat dengan cara pilih template yang ringan, minimalisir penggunaan Javascript, buang widget yang tidak penting, serta compress gambar dengan ukuran terlalu besar.

Demikian, semoga bermanfaat. Terakhir, teknik yang sama namun dengan cara implementasi yang berbeda akan menyebabkan hasil yang berbeda pula.

0 komentar:

Post a Comment