Cara Mudah Meningkatkan Visitor Atau Pengunjung Pada Blog

Cara Mudah Meningkatkan Visitor Atau Pengunjung Pada Blog - Apapun yang mendasari Kita Blogging, saya yakin Kita tidak menginginkan apa yang Kita tuangkan di Blog menjadi sia-sia lantaran tidak ada yang membaca artikel yang Kita tulis. Kita pastinya berharap apa yang Kita share pada kolom artikel Blog bisa dibaca oleh banyak orang, serta keberadaan Visitor juga akan memotivasi Kita untuk lebih aktif dalam menulis.

Cara Mudah Meningkatkan Visitor Atau Pengunjung Pada Blog

Sebagaimana yang sering saya singgung dalam sejumlah artikel, membangun Blog itu membutuhkan waktu. Artinya, untuk bisa mendatangkan organic Visitor akan memakan waktu. Kalau Blog Kita masih relatif baru, apa yang hari ini Kita muat di Blog, belum tentu ia akan ditemukan oleh pembaca lewat Search engine karena ranking halaman Blog Kita di SERPs masih berada diurutan bawah atau bahkan belum di index oleh Search engine.

Untuk mendongkrak posisi laman Blog di SERPs agar lekas membaik, maka dilakukanlah upaya Optimasi. Optimasi Blog merujuk pada peraihan peringkat baik di Search engine dikenal dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. Menggunakan SEO atau Optimasi mesin pencari merupakan salah satu cara untuk mempercepat serta memperkuat posisi Blog Kita untuk menempati posisi teratas di hasil mesin pencari google.

Berkaitan dengan Optimasi mesin pencari, ada batasan-batasan tertentu dalam proses penerapannya. Optimasi mesin pencari tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena akan menyebabkan terjadinya over Optimasi. Web atau Blog yang dianggap melakukan over optimization oleh algoritma Search engine akan mengalami penurunan peringkat hingga deindexed. Hal tersebut karena over optimization merupakan praktik Optimasi terlarang yang melanggar Kebijakan Webmaster sebagaiaman dijelaskan dalam laman Google Webmaster Guidelines.

Optimasi Blog harus dilakukan secara natural, menyesuaikan dengan usia domain, serta tidak mencirikan praktik spam. Untuk memerangi para spammer, Google terus melakukan pengembangan algoritma mesin pencarinya, serta dilakukan update secara berkala. Algoritma Search engine Google semakin berkinerja baik dari waktu ke waktu, hal tersebut diindikasikan dengan banyaknya Weblog yang masuk Sandbox serta terkena Penalty Google.

Reset Kata Kunci
Sebelum Kita menentukan nama domain, hal pertama yang sudah harus Kita persiapkan adalah kata kunci. Kata kunci adalah modal terpenting yang akan menjadi penentu berapa volume trafik Blog Kita dikemudian hari. Cara reset kata kunci untuk mendapatkan kata kunci yang tepat sudah saya bahas dalam artikel cara reset kata kunci untuk membangun profitable Blog.

Setelah mendapatkan kata kunci, saya asumsikan Kita sudah memilih nama domain serta Blog sudah selesai Kita buat. Tahapan selanjutnya adalah memfokuskan diri untuk menulis artikel berkualitas yang mewakili titile Blog, deskripsi Blog, serta kata kunci Blog. Akan tetapi sebelum Kita memposting artikel pertama Kita, pastikan template yang Kita gunakan sudah memenuhi kriteria SEO karena template sangat berpengaruh pada implementasi SEO on-page.

Ciri-ciri template SEO friendly, diantaranya adalah:
  • Ringan (fast loads)
  • Memiliki struktur laman yang baik
  • Tidak memuat duplicate script

Menulis Artikel Berkualitas
Pondasi Blog adalah artikel, maka pastikan Kita hanya memposting artikel berkualitas. Artikel berkualitas adalah artikel yang deskriptif, mewakili judul Blog, deskripsi Blog, kata kunci Blog, padat, tidak berisikan kata kunci density berlebihan, serta tentunya memberikan solusi bagi pembaca. Bagaimanakah cara untuk menulis artikel berkualitas silahkan simak Cara Mudah Menulis Artikel Berkualitas SEO Pada Blog

Menulis artikel berkualitas terkasertag menjadi pekerjaan yang sulit, oleh karenanya pilihlah tema Blog berdasarkan minat Kita, karena menulis sesuai minat akan membuat Kita lebih inspiratif dalam menulis serta menjadikan Kita lebih produktif.

Membangun Backlink
Jika Blog Kita sudah mempunyai cukup artikel, maka saatnya untuk membangun dan menanamkan Backlink untuk memperkuat posisi blog kita di mesin pencari google. Untuk bisa bersaing di SERPs dibutuhkan Backlink sebagai link yang memberikan referensi. Selain sebagai pemberi referensi, Backlink juga berupa voter. Semakin banyak voter (Backlink), maka secara teori semain baik pula reputasi Blog Kita dihadapan algoritma Search engine.

Baca juga : Cara Link Building Secara Natural Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Berbagai macam cara untuk membangun dan menanamkan Backlink tidak menutup kemungkinan akan mengarahkan seorang Blogger pada praktik link bulding yang salah. Pastikan Kita memilih cara link building terbaik. Cara membangun Backlink yang tepat adalah membangun Backlink secara natural.

Submit Blog Kita Ke Web Social Media
Salah satu indikator yang mempengaruhi ranking blog dan digunakan algoritma Search engine Google dalam proses pemeringkatan laman Blog adalah merujuk respon pengunjungnya di social media. Artinya, kalau Blog Kita mendapat banyak hits dari salah satu atau beberapa web social media, maka hal tersebut akan berdampak baik pada peringkat Blog Kita di index hasil pencarian mesin pencari Google.

Buatlah akun di web social media, seperti Linkedin, Facebook, Twitter, atau Google Plus. Submit artikel secara otomotis ke web social media menggunakan aplikasi Web. Untuk mengirim artikel secara otomatis ke Facebook, Kita dapat menggunakan aplikasi RSS Graffiti. Selain mendapatkan Backlink, aktivitas ini juga membuka kesempatan untuk mendapatkan lalu lintas dari Facebook.

Publish Artikel Secara Terjadwal
Kalau ada yang beranggapan bahwa memposting artikel secara terjadwal itu tidak penting. Saya tidak setuju dengan teori tersebut karena berdasarkan hasil analisa saya Blog yang dilakukan update secara teratur stabilitas trafiknya jauh lebih baik.

Postinglah artikel secara terjadwal untuk memberitahu spider bot mesin pencari bahwa ada aktivitas (penambahan artikel) pada Blog Kita. kalau Blog Kita masih minim konten, postinglah artikel minimal satu artikel per hari, namun hal tersebut bergantung pada cakupan bahasan atau tema Blog Kita.

Install Kode Pelacakan
Kita dapat menggunakan Google Analytics untuk memantau statistik Blog Kita. masuk ke laman Google Analytics, daftarkan Blog Kita, pasang kode pelacakan dari Google Analytics ke Blog Kita.

Dengan menggunakan Google Analytics sebagai tool pemantau statistik Blog, Kita tidak hanya bisa mengetahui berapa jumlah Visitor Blog Kita. Kita juga akan mengetahui statistik penting lainnya, seperti sumber lalu lintas, kata kunci terpopuler, geografi Visitor, durasi kunjungan, dll.

Analisa Blog Kita
Lakukan analisa pada Blog Kita untuk memastikan tidak ada masalah berarti pada Blog Kita. periksa kesehatan Blog Kita, apakah terdapat broken link atau kesalahan-kesalahan fatal lainnya yang dapat menurunkan peringkat Blog Kita di SERPs.

Data statistik Blog di Google Analytics juga dapat Kita jadikan bahan untuk melakukan perubahan tertentu apabila dirasa perlu.

Terakhir, mendatangkan Visitor ke Blog tidak bisa dilakukan secara instant mengingat Optimasi Blog membutuhkan proses serta waktu yang cukup panjang. Search engine tidak akan menampilkan laman artikel Blog Kita pada hasil teratas kalau Blog Kita masih relatif baru karena usia domain (Blog) merupakan salah satu materi perhitungan algoritma Search engine itu sendiri.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment