Cara Link Building Secara Natural Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Link Building Secara Natural Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas - Strategi Optimasi Blog tidak lepas dari link building. Setiap Blog membutuhkan Backlink untuk bisa bersaing di SERPs. Backlink berperan untuk memberikan voting kepada Blog/Website hingga dianggap layak untuk ditampilkan dalam hasil pencarian teratas Search engine. Semakin banyak Backlink (Backlink berkualitas), Weblog bersangkutan semakin potensial untuk menduduki rangking teratas Search engine results.

Cara Link Building Secara Natural Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Metode link building terbagi menjadi sekian banyak cara. Dari kesekian banyak metode tidak semuanya dapat memberikan hasil yang maksimal. Link building sendiri merupakan salah satu kegiatan optimasi yang cukup menyita waktu. Selain itu, link building juga terkesan monoton jika kita tidak memiliki konsep link building yang berkualitas. Jika Anda ingin melakukan link building secara instant, Anda bisa menggunakan software atau tool yang didesain untuk membangun Backlink. Namun, saya tidak merekomendasikan metode ini, karena hasilnya cenderung kurang maksimal. Link building dianggap berkualitas jika link building tersebut dilakukan secara manual dan natural.

Baca juga : Bahaya Membuat Ribuan Backlink dan Dampak terhadap SEO

Sebelum Anda melakukan link building ada baiknya terlebih dahulu Anda pahami apa saja kriteria link building yang benar sehingga Backlink yang didapat nantinya berupa Backlink berkualitas.

Kriteria Backlink Berkualitas Secara Umum:
  • Backlink dari situs yang memiliki reputasi tinggi.
  • Backlink dari situs yang relevan dengan isi/tema Blog Anda.
  • Backlink dari situs yang memiliki pagerank tinggi.
  • Backlink dari situs yang menggunakan attribute dofollow.
  • Backlink dari situs yang tidak menerapkan teknik optimasi blackhat.
  • Backlink dari situs yang tidak sedang masuk sandbox/penalty Search engine.
  • Backlink dari situs social media ber reputasi
  • Backlink dari situs social networking (Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dsb).

Backlink yang Anda bangun dari situs-situs tersebut diatas menggambarkan kualitas Backlink yang Anda dapat, dan secara teori ia akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi perkembangan Blog Anda berkaitan dengan wacana persaingan di SERP.

Sebagian besar situs-situs besar, seperti situs social media dan situs social networking memang menggunakan attribute link nofollow, akan tetapi Backlink dari situs-situs ini tetap dianggap berkualitas sekalipun berupa Backlink nofollow. Bahkan, berdasarkan sejumlah analisa Search engine seperti Google saat ini memberi nilai tambah untuk Backlink dari situs social networking dalam proses pemeringkatan/pagerank suatu Blog.

Dibawah ini akan saya uraikan beberapa metode cara membuat link building berkualitas secara mudah dan natural untuk mengumpulkan Backlink berkualitas dari berbagai situs bereputasi tinggi untuk menaikkan posisi Blog kita di SERP dan meningkatkan volume trafik Blog.

Link Building Menggunakan Facebook
Buatlah akun di Facebook, kemudian buat juga fans page. Hubungkan Blog Anda dengan akun Facebook dan fans page Anda. Mempromosikan secara rutin fans page tersebut ke untuk memperoleh kunjungan, share dan like dari mereka. Ketika Anda memposting artikel mereka akan mendapatkan notifikasi, dan jika artikel Anda dianggap menarik tentunya mereka akan mengunjungi Blog Anda.

Link Building Menggunakan Google+
Buatlah akun Google+ dan integrasikan dengan Blog Anda. Aktifkan Google+ Author di Blog Anda lalu hubungkan Blog Anda dengan akun Google+ milik Anda. Artikel yang Anda share di Google+ akan terbaca oleh Search engine. Selain dari Backlink, cara untuk meningkatkan trafik Blog juga bisa dilakukan dengan bantuan index artikel di Google+.

Link Building Menggunakan Situs Social Bookmark
Buatlah akun di situs-situs social bookmark. Submit artikel di Blog Anda ke situs-situs social bookmark tersebut untuk mendapatkan Backlink dan direct visitor. Pilihlah situs social bookmark dofollow untuk membantu pemeringkatan Blog Anda di SERP.

Link Building Memanfaatkan Forum
Terdapat sekian banyak forum online yang bisa Anda jadikan media untuk membangun Backlink. Buatlah akun di forum-forum populer kemudian masuk ke ruang/room yang bahasannya sesuai dengan niche Blog Anda. Beberapa forum online terpopuler lokal diantaranya Detik, Viva, dan KasKus.

Baca juga : Beberapa Forum Komunitas Publisher Terbesar Di Indonesia

Link Building Dengan Cara Ping Blog/Artikel
Teknik ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika Blog Anda sudah eksis cukup lama. Khusus untuk Blog baru yang tentunya masih minim Backlink cara ini bisa dilakukan untuk membantu proses index artikel berjalan lebih cepat.

Anda dapat menggunakan Blog pinger tool pilihan untuk ping Blog Anda. Beberapa Blog pinger yang banyak digunakan oleh Blogger, diantaranya totalping, feedshark.brainbliss.com, Blogpingtool.com, pingates.com, dan pingler.com.

Kualitas Backlink yang didapatkan dari cara ping memang tidak terlalu bagus, hanya saja ini bisa menjadi alternatif untuk Blog-Blog yang masih baru untuk mendapatkan eksistensinya di internet.

Membangun Backlink Dengan Modal Artikel Berkualitas
Menulis artikel berkualitas selalu menjadi prioritas berkaitan dengan teknik optimasi Blog. Sisi keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan menulis artikel berkualitas adalah memungkinkan Blogger lain untuk link back artikel di Blog Anda apabila artikel tersebut dijadikan sebagai artikel referens oleh yang bersangkutan.

Baca juga : Cara Mudah Mendapatkan Ide Artikel Blog Secara Natural

Menanam Backlink Dengan Memanfaatkan RSS Feed Submission
Submit feed Blog Anda ke sejumlah situs penampung feed untuk mendapatkan Backlink dari situs-situs tersebut. Membuat link building dengan Memanfaatkan RSS Feed Submission terbukti cukup efektif untuk meningkatkan posisi artikel di SERP. Ada banyak sekali situs feed submission, dan cukup gunakan yang gratisan jika Anda tidak menginginkan yang berbayar.

Link Building Dengan Mencari Blog Yang Relevan Dengan Tema Blog Anda
Carilah informasi melalui Google Search untuk menemukan Blog-Blog yang memiliki persamaan tema atau topik dengan Blog Anda. Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan query pencarian “intitle:judul/temaBloganda”. Tinggalkan komentar yang relevan pada masing-masing Blog yang Anda kunjungi agar komentar Anda disetujui oleh pemilik Blog.

Jangan melakukan tindakan spamming, dan lakukan Blog commenting secara etis. Beberapa indikasi komentar kurang etis yang kemungkinan besar akan di list sebagai komentar spam oleh pemilik Blog diantaranya menggunakan nama yang terlalu panjang (memuat kata kunci), jumlah kata dalam komentar yang sangat sedikit atau hanya meminta pemilik Blog untuk mengunjungi Blog Anda yang bertujuan untuk berpromosi/meninggalkan link semata.

0 komentar:

Post a Comment