Alasan Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

Alasan Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel - Artikel memang menjadi bekal terpenting untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah Blog dalam mendatangkan pengunjung, namun sebagaimana yang sering saya singgung lewat sejumlah post tentang teknik Optimasi blog dan strategi SEO, bahwasanya terdapat sekian banyak faktor penentu lainnya yang turut menyertai. Artikel tidak dapat dijadikan sebagai modal tunggal untuk meningkatkan pengunjung Blog Kita.

Alasan Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

Secara teknis, Blog yang dipadati konten memang lebih berpeluang untuk dibanjiri trafik, akan tetapi hal tersebut masih berkaitan rapat dengan sejumlah faktor pendukung lainnya. Sebuah kasus, saya punya dua buah blog. Salah satu Blog saya berisikan banyak konten, dan satunya lagi hanya berisikan beberapa artikel, dan ternyata Blog yang hanya berisikan beberapa artikel justru pengunjungnya jauh lebih banyak.

Sebelum ke inti permasalahan, “kenapa Blog sepi pengunjung padahal banyak artikel” terlebih dahulu saya ingin menekankan kepada para sahabat blogger (newbie) bahwasanya tulisan di Blog itu dibedakan menjadi sekian jenis.

  1. Berita
    Konten berjenis berita tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk artikel. Selain itu, berita juga bersifat trending yang hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu (singkat).

  2. Artikel Trending
    Artikel trending punya durasi pencarian yang lumayan panjang. Artikel trending biasanya dibutuhkan orang dalam jangka waktu beberapa bulan.

  3. Artikel Long Term
    Tipe artikel yang benar-benar dibutuhkan orang dalam jangka waktu panjang atau bahkan tidak ada masa kadaluarsanya. Contoh, cara membuat blog, tips bisnis online, cara mendapatkan uang dari blog, dll.

Tipe artikel yang Kita tuangkan di Blog sangat menentukan volume serta konsistensi trafik Blog tersebut. Kalau Kita mengelola Blog secara personal (sendirian), maka idealnya Kita cukup menulis artikel yang bersifat long term. Jenis-jenis konten dengan durasi pencarian singkat mengharuskan Kita untuk memposting banyak artikel setiap saat mengingat target trafik yang Kita bidik adalah trending.

Dalam skala tertentu, membuat Blog itu tidak jauh berbeda dengan mendaftar akun di situs jejaring sosial. Sisi perbedaannya terlatak pada ‘Optimasi’, karena untuk dapat mendatangkan pengunjung setiap Blog membutuhkan kuantitas Optimasi, dan disinilah terkadang yang justru menjadi kunci permasalahan yang tidak disadari oleh sebagian besar blogger (pemula).

Untuk menciptakan sebuah Blog yang punya kualitas dihadapan Search engine membutuhkan konsep yang jelas dan proses implementasi yang merujuk pada tindakan Optimasi harus berjalan sesuai syarat dan kebijakan pedoman Webmaster. Kesalahan yang Kita lakukan selaku pengelola Blog dapat merusak citra Blog Kita dihadapan mesin pencari dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk menghasilkan profit dari blogging, tidak sedikit waktu yang harus Kita luangkan, dan tentunya saya yang notabene juga seorang blogger sangat berharap agar Kita para sahabat blogger tidak membuang waktu dengan sia-sia, menulis banyak artikel tanpa profit yang sebanding lantaran gagal mendatangkan pengunjung sesuai target. Berikut analisa sekaligus fakta beberapa alasan Blog sepi pengunjung walaupun banyak posting.

Kesehatan Blog
Kesehatan Blog amat menentukan volume trafik. Kesehatan Blog meliputi banyak aspek, mulai kualitas artikel, duplicate title, unnatural link, broken link, dll.

Tema Blog
Setiap tema memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda. Kalau Kita masih pemula, maka sebaiknya hindari memilih tema dengan tingkat persaingan tinggi.

Backlink
Kendati Google dan sejumlah mesin pencari kenamaan lainnya terus berusaha menyempurnakan algoritma masing-masing, tetap saja backlink merupakan bagian dari bekal pokok untuk mendatangkan trafik.

Pengaruh Situs Sosial Media
Google menggunakan lebih dari 200 indikator selama proses pemeringkatan laman Web, dan salah satunya adalah tingkat popularitas Blog bersangkutan di situs social media.

Salah Memilih Template
Gunakan template Blog dengan struktur laman yang baik. Struktur template bermasalah akan mempersulit proses crawling oleh spider bot mesin pencari maka hal ini akan berimbas pada tidak maksimalnya trafik blog.

Baca Juga :
  1. Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Iklan CPC Google Adsense
  2. Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search
  3. Kenapa Banyak Pengunjung Blog Berasal Dari Yandex.ru dan Rusia ??
  4. Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Backlink Gratis dari Situs Google

Jarang Posting Artikel
Beberapa waktu lalu, Matt Cutts sempat membuat pernyataan “Google Tidak Mementingkan Update”, entah Kita sepaham dengan saya atau tidak, tapi menurut saya Blog yang sering diberi penyegaran (di update)  jauh lebih berpeluang untuk didatangi pengunjung melalui Google Search.

Over Optimasi
Melakukan Optimasi secara tidak beraturan atau yang lebih familiar dengan sebutan over optimization justru dapat  merusak citra Blog Kita. Optimasi harus dilakukan dengan cara-cara yang sehat serta terkesan natural. Seperti halnya link building, menanam backlink menjadi sebuah keharusan akan tetapi kalau proses penerapannya berlebihan, maka hal ini dianggap sebagai tindakan spam yang dapat menurunkan peringkat Blog di SERP.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment