Perbandingan Keahlian Konfigurasi Jaringan Di Cisco Packet Tracer dan Praktek Langsung

Perbandingan Keahlian Konfigurasi Jaringan Di Cisco Packet Tracer dan Praktek Langsung - Alhamdulillah kali ini saya bisa memposting artikel terkait Cisco Packer Tracer, saya berencana untuk membuat tutorial tentang salah satu konfigurasi seperti LAN, MAN, WAN, EIGRP, RIP, atau OSPF di Cisco packet tracer tapi poin poin penting dari konfigurasi tersebut sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya.

Perbandingan Keahlian Konfigurasi Jaringan Di Cisco Packet Tracer dan Praktek Langsung

Maka pada artikel kali ini saya akan membandingkan berdasarkan apa yang saya ketahui tentang keahlian seseorang dalam melakukan konfigurasi atau instalasi jaringan di Cisco Packer Tracer dibandingkan dengan orang yang praktek instalasi jaringan langsung di lapangan.

Apakah ada jaminan seseorang yang mahir konfigurasi apapun di Cisco Packer Tracer akan mahir pula saat praktek jaringan komputer langsung dilapangan ????

Apakah kelebihan dan kekurangan mempelajari konfigurasi jaringan di Cisco Packer Tracer ??

Berdasarkan pengalaman dan yang saya ketahui adalah bahwa untuk mengenalkan serta mempelajari suatu konfigurasi jaringan komputer bagi pemula, sebelum praktek langsung dilapangan dengan menggunakan perangkat yang bermacam macam seperti mikrotik, linksys, hub dsb sebaiknya anda mempelajari konfigurasi jaringan komputer melalui simulasi di Cisco Packer Tracer karena ini simulasi, maka tampilan konfigurasi perangkat di Cisco dengan yang asli sama saja.

Dengan menggunakan Cisco untuk belajar jaringan komputer maka anda cukup terbantu saat mempelajarinya dibandingkan dengan praktek langsung menggunakan perangkat asli yang belum tentu setiap perangkat seperti kabel LAN, hub, linksys bisa kita temukan dengan mudah.

Perbandingan Keahlian Konfigurasi Jaringan Di Cisco Packet Tracer dan Praktek Langsung

Secara teori dasar, settingan di Cisco Packer Tracer dengan langsung sama aja sob seperti urutan kabel straigh untuk menghubungkan dari komputer ke hub atau ke beda perangkat dan urutan cross untuk menghubungkan dari komputer ke komputer atau jenis perangkat yang sama.

Namun kita semua tidak bisa memungkiri fakta bahwa tidak ada jaminan untuk orang yang bahkan ahli mengkonfigurasi jaringan dengan metode apapun seperti EIGRP, RIP, OSPF dsb di Cisco Packer Tracer akan menguasai pula konfigurasi jaringan atau metode itu saat praktek langsung, walaupun pengguna Cisco Packer Tracer tetap saja sedikit banyaknya paham dan mengerti teori saat instalasi jaringan tetapi mereka akan bingung ketika diberikan project untuk memasang suatu jaringan dengan area yang luas.

Baiklah berikut perbandingan kelebihan dan kekurangan konfigurasi jaringan di Cisco Packer Tracer dibanding praktek langsung :

Instalasi Jaringan di Cisco Packer Tracer


Kelebihan
  • Mudah untuk mempelajari
  • Menguasai teori istalasi jaringan
  • Identifikasi troubleshoot relatif mudah
  • Hemat biaya karena tidak menggunakan perangkat asli
Kekurangan
  • Kekurangan yang paling mendasar bagi pelajar yang menggunakan Cisco Packer Tracer untuk mempelajari jaringan adalah mereka masih bingung ketika akan melakukan instalasi jaringan yang sebenarnya terlebih jaringan dalam skala luas.

Instalasi Jaringan Langsung


Kelebihan
  • Mampu melakukan instalasi jaringan dalam skala besar maupun kecil
Kekurangan
  • Memerlukan biaya lebih karena menggunakan perangkat asli
  • Identifikasi kerusakan cukup rumit jika terjadi troublesoot pada jaringan
  • Maintenance atau perawatan cukup rumit
  • Memahami sedikit teori jaringan (hanya poin pentingnya saja)

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Instalasi Jaringan menggunakan Cisco packet tracer dibandingkan praktek langsung yang bisa saya paparkan, bagi teman-teman yang ingin mempelajari jaringan komputer memang cukup sulit untuk latihan instalasi jaringan secara langsung karena selain harus adanya perangkat asli kita juga harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan perangkat tersebut, lain cerita ketika semua perangkat dan fasilitas sudah tersedia. Maka menggunakan Cisco packet tracer adalah solusi tepat untuk mempelajari jaringan komputer untuk pemula.

Tetapi alangkah hebatnya kita jika selain mempelajari dan menguasai instalasi jaringan di Cisco Packet Tracer kita juga menguasai instalasi jaringan pada implementasi yang sesungguhnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment