Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah, Fungsi, Media Dan Topologi Secara Lengkap

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah, Fungsi, Media Dan Topologi Secara Lengkap - Pada artikel ini saya ingin memberikan informasi berbagai macam hal terkait jaringan komputer yang tentunya akan menambah wawasan kita terkait istilah dan fungsi dari jaringan komputer ini dan mohon untuk membaca sampai selesai agar teman-teman dapat memahaminya secara keseluruhan.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah, Fungsi, Media Dan Topologi Secara Lengkap

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain melalui media sehingga dapat saling berbagi data dan sumber daya. Jika ingin membangun jaringan komputer dengan wilayah yang lebih luas jangkauanya, maka diperlukan sebuah komponen tambahan seperti, Gateway, Hub, Switch, Bridge, Router untuk peralatan interkoneksinya.

Manfaat Jaringan Komputer


Banyak sekali manfaat jaringan komputer, diantaranya :
  • Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah di sharing pada suaru jaringan.
  • Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer membantu seseorang berkomunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah.
  • Mempermudah memanajemen komputer.
  • Selain itu, pengguna juga dapat mengirim file berupa teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  • Untuk berbagi sumber daya. Seperti : printer, scanner dll.
  • Mempermudah penyimpanan data dan keamanan data.

Jaringan komputer diklasifikasikan berdasarkan jangkauan atau wilayah, sumber informasi, media, fungsi, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut penjabaran lengkapnya :

Berdasarkan Jangkauan Wilayah atau Geografis


Klasifikasi Jaringan Komputer berdasarkan jangkauan atau dibagi menjadi 4 macam, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan Internet. Intinya konsep dari Jaringan Komputer itu semuanya sama, yaitu untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dan jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Hanya saja yang membedakan adalah jangkauan wilayahnya dan media yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel atau tanpa kabel).

LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan jangkauan lokal yang tidak terlalu jauh. Dengan menggunakan berbagai macam komponen yang sangat umum, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. Contoh dari jaringan LAN seperti komputer komputer yang saling terhubung di lab sekolah, di perusahaan, warnet, maupun antar rumah yang jangkauannya tidak terlalu luas. Umumnya luas jaringan LAN tidak jauh dari 1 km persegi.

Pada jaringan LAN teknologi yang digunakan adalah IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.
Selain menggunakan teknologi Ethernet yang menggunakan kabel, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi tanpa kabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

Keuntungan
Dari segi biaya, Jaringan LAN ini lebih irit karena sedikit menggunakan kabel sehingga mengurangi pengeluaran biaya untuk perawatan dan biaya operasional, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang tidak terlalu luas, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian
Jaringan LAN lokal seperti ini jangkauanya tidak terlalu luas sehingga untuk terhubung dan berkomunikasi dari jarak yang agak jauh menjadi sulit.

MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN, jangkauan Jenis Jaringan Komputer ini lebih luas dibandingkan Jenis Jaringan Komputer LAN. Kata Metropolitan Area Network diambil karena Jenis Jaringan ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk membuat sebuah jaringan MAN, diperlukan komponen router untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer antar kota. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.

Baca Juga :
  1. Cara Menentukan IP Address Pada Jaringan Komputer
  2. Klasifikasi IP Address Berdasarkan Kelas, Jenis, Fungsi pada Jaringan Komputer
  3. Cara Kerja IP DHCP Client-Server Serta Fitur Dan Kelebihan Kekurangan
  4. Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah, Fungsi, Media Dan Topologi

Jangkauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

Keuntungan
Jangkauan Jenis Jaringan Komputer ini lebih luas sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat, berkomunikasi juga menjadi lebih efisien, dan sistem keamanan pada jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian
Jenis Jaringan Komputer ini penggunaan biaya operasional yang tidak sedikit, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN, merupakan Jaringan Komputer yang jangkauannya lebih luas dan lebih sustem keamanannya lebihi canggih dibandingkan dengan jaringan LAN dan MAN. Sehingga Jaringan WAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic yang ditanamkan di dalam tanah atau di jalur bawah laut.

Jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan atau lebih yang terletak pada antar benua atau negara sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.

Keuntungan
Jenis Jaringan Komputer WAN jangkauan wilayah jaringan ini lebih luas dibandingkan dengan Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, pertukaran informasi juga menjadi lebih aman dan terarah, juga menjadi lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

Kerugian
Jenis Jaringan WAN ini membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, serta maintenance atau perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

INTERNET

Interconected Network yaitu kumpulan jaringan yang terinterkoneksi / jaringan yang menguhubungkan antar pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan gabungan dari berbagai Jenis Jaringan Komputer satu sama lain.

Keuntungan
Jaringan Internet dapat berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan.


Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data


  1. Jaringan Terpusat

    Disebut dimaksud jaringan terpusat karena jaringan tersebut terdiri dari komputer Server dan komputer Client dimana komputer Client bertugas sebagai penerima sumber daya dan perantara dalam mengakses sumber informasi/data yang berasal dari komputer Server.
     
  2. Jaringan Terdistribusi

    Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer Server dan Client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan Media Penghubung


  1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

    Agar terhubung pada jaringan, komputer menggunakan kabel UTP sebagai media penghubung. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired Network adalah kabel UTP.
     
  2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

    Merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal informasi/data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Media ini mentransmisikan gelombang electromagnetic tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. Wireless adapter, salah satu komponen yang digunakan pada jaringan Wireless.

Berdasarkan Topologi Jaringan


Topologi jaringan komputer merupakan bentuk/struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain atau secara sederhana topologi adalah tata letak komputer berjaringan. Ada berbagai macam jenis topologi pada jaringan komputer seperti:

Baca Juga : Topologi pada Jaringan Komputer Serta Kelebihan Dan Kekurangan nya
 
  • Topologi BUS.
  • Topologi RING.
  • Topologi TREE.
  • Topologi MESH.
  • Topologi HYBRID.
  • Topologi PEER TO PEER.
  • Topologi STAR.
  • Topologi LINIER.

Berdasarkan Peranan dan Fungsi


Jaringan komputer juga diklasifikasikan menjadi Jaringan Client-Server, pada dasarnya memiliki satu komputer yang disisipkan manjadi Server (Server) dari komputer lainnya yang berfungsi sebagai Client.

  1. Jaringan Client-Server

    Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer Server dan komputer Client. Biasanya terdiri dari satu komputer Server dan beberapa komputer Client.

    Baca Juga : Cara Kerja IP DHCP Client-Server

    Komputer Server bertugas untuk menyediakan sumber daya, sedangkan komputer Client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.
     
  2. Jaringan Peer to Peer

    Merupakan jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi Server dan Client yang dapat saling berhubungan dengan komputer lain, pada jaringan ini tidak ada komputer yang berfungsi sebagai client atau server dan komputer yang terhubung tidak mempunyai otoritas tertinggi.

Baca Juga :
  1. Cara Menentukan IP Address Pada Jaringan Komputer
  2. Klasifikasi IP Address Berdasarkan Kelas, Jenis, Fungsi pada Jaringan Komputer
  3. Cara Kerja IP DHCP Client-Server Serta Fitur Dan Kelebihan Kekurangan
  4. Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah, Fungsi, Media Dan Topologi

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment