Definisi Dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer Secara Lengkap

Definisi Dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer Secara Lengkap - Jika Anda merupakan seorang pecinta dunia komputer atau bekerja di dunia jaringan komputer maka Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Gateway merupakan sebuah perangkat komputer yang sering digunakan untuk membangun ataupun menghubungkan jaringan komputer. Dengan menggunakan Gateway, beberapa jaringan komputer dapat dihubungkan menjadi satu sehingga jaringan komputer bisa menjadi semakin luas dan informasi bisa disebarkan dengan lebih cepat dan dalam jangkauan yang lebih luas.

Definisi Dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer Secara Lengkap

Karena digunakan sebagai perangkat penghubung jaringan komputer, Gateway sering kali disamakan dengan router. Padahal dua perangkat komputer ini benar-benar jauh berbeda satu sama lainnya. Lantas apa sih sebenarnya pengertian Gateway itu? Apa sih Fungsi Gateway dalam jaringan komputer?

Definisi Dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer Secara Lengkap


Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

Istilah Gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda.Salah satu contoh penggunaan Gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda. Definisi tersebut adalah definisi Gateway yang utama. Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menerjemahkan antara dua protokol yang berbeda.

Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang tehubung dalam sebuah network. Host yang digunakan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain, juga digunakan untuk melewatkan lalu lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lain. Dipergunakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan komputer yang arsitekturnya sama sekali berbeda. Jadi Gateway lebih kompleks daripada bridge. Gateway dapat diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan digital DNA, LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide AreaNetwork).

Seiring dengan merebaknya internet, definisi Gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "Gateway" dengan "router" yang sebetulnya tidak benar. Kadangkala, kata "Gateway" digunakan untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar. Gateway juga bisa diartikan sebagai komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih.

Baca Juga : Pengertian Bandwidth dan fungsinya pada Jaringan Komputer

Di Internet suatu alamat bisa ditempuh lewat Gateway-Gateway yang memberikan jalan/rute ke arah mana yang harus dilalui supaya paket data sampai ke tujuan. Kebanyakan Gateway menjalankan routing daemon (program yang meng-update secara dinamis tabel routing). Karena itu Gateway juga biasanya berfungsi sebagai router. Gateway/router bisa berbentuk Router box seperti yang di produksi Cisco, 3COM, dll atau bisa juga berupa komputer yang menjalankan Network Operating System plus routing daemon. Misalkan PC yang dipasang Unix FreeBSD dan menjalankan program Routed atau Gated. Namun dalam pemakaian Natd, routing daemon tidak perlu dijalankan, jadi cukup dipasang Gateway saja.Karena Gateway/router mengatur lalu lintas paket data antar jaringan, maka di dalamnya bisa dipasangi mekanisme pembatasan atau pengamanan (filtering) paket-paket data, Mekanisme ini disebut Firewall.

Fungsi Gateway


Setelah kita membahas mengenai Pengertian Gateway pada jaringan komputer, maka kini DimensiData akan membahas mengenai fungsi Gateway untuk sebuah jaringan internet komputer. Jika dilihat dari pengertiannya, maka kita mungkin dapat mengatakan bahwa secara umum Gateway berfungsi untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan komputer yang lain dengan protocol yang berbeda. Gateway dapat digunakan dalam menghubungkan IBM SNA dengan digital SNA, Local Area Network atau LAN dengan Wide Area Network atau WAN. Namun, terdapat pula beberapa fungsi dari Gateway yang lain jika kita merincinya jauh lebih detail lagi. Berikut ini informasinya.

1. Sebagai Protocol Converting
Fungsi Gateway yang pertama adalah sebagai Protocol Converting. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Gateway dapat menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan komputer lain dengan protocol yang berbeda. Untuk dapat menghubungkan dua jaringan dengan protocol yang berbeda inilah Gateway harus memiliki kemampuan untuk melakukan konversi protocol sehingga dua protocol yang berbeda ini dapat saling dikaitkan atau dihubungkan. Sebuah Gateway jaringan merupakan sebuah sistem internet working yang mengkoneksikan dua jaringan dalam waktu yang sama dan dapat dikonfigurasikan dalam sebuah perangkat lunak atau software. Nah, jaringan Gateway ini dapat beroperasi dalam setiap tingkat yang ada pada model lapisan dari OSI atau yang disebut juga dengan Open System Interconnection.

Baca juga : Cara Menentukan IP Address Pada Jaringan Komputer

2.    Memudahkan akses Informasi
Fungsi Gateway yang kedua adalah sebagai alat untuk mempermudah akses informasi pengguna jaringan komputer. Tanpa Gateway, jaringan komputer dengan protocol yang berbeda tidak akan pernah dapat dihubungkan satu sama lain. Ketika ini terjadi, maka sudah pasti bahwa sebuah jaringan komputer tidak akan mampu untuk melakukan akses informasi dari komputer yang lainnya. Ketika Gateway sudah digunakan dan jaringan komputer tersebut tersambung, maka tentu saja akses informasi pun dapat berjalan dengan jauh lebih mudah. Maka Gateway pun sangat berguna untuk digunakan dalam memudahkan melakukan akses informasi.

3. Hardware Sharing
Bagi pakai hardware secara bersama-sama. Contoh dari Penerapannya adalah penggunaan Printer Server, dimana 1buah Printer dapat digunakan secara bersama oleh Client dalam Jaringan.

Baca Juga :
  1. Cara Menentukan IP Address Pada Jaringan Komputer
  2. Klasifikasi IP Address Berdasarkan Kelas, Jenis, Fungsi pada Jaringan Komputer
  3. Cara Kerja IP DHCP Client-Server Serta Fitur Dan Kelebihan Kekurangan
  4. Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah, Fungsi, Media Dan Topologi

4. Keamanan dan pengaturan data
Komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.

5. Ke-stabilan dan Peningkatan Performa Komputasi
Dalam kondisi tertentu sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, Dengan cara memberikan tugas komputasi “lebih” kepada suatu Perangkat yg di distribusikan ke Komputer yang lain.

Itulah tadi artikel mengenai Penjelasan tentang Pengertian definisi, Fungsi dan Cara Kerja konfigurasi Gateway pada jaringan komputer internet. Yang jelas, Gateway memang sangat dibutuhkan dalam sebuah jaringan komputer karena dapat memberikan beberapa kemudahan. Beberapa kemudahan yang dapat anda peroleh dari penggunaan Gateway ini adalah dua jaringan computer yang slaing terhubung meskipun memiliki protocol yang berbeda. Hal ini kemudian akan memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan akses informasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment