Berbagai Macam Pesan Error Di Browser Dan Cara Mengatasinya

Berbagai Macam Pesan Error Di Browser Dan Cara Mengatasinya - Tentu kita pernah mengalami Error saat memuat sebuah halaman di Web, hal itu bisa disebabkan oleh ada banyak faktor. Pada saat kita gagal mengakses halaman pada Website tersebut maka akan ditampilkan pesan Error.

Berbagai Macam Pesan Error Di Browser Dan Cara Mengatasinya

Pada artikel ini saya ingin memberikan informasi lengkap beberapa pesan Error yang sering muncul di browser dan cara mengatasinya dan mohon untuk membaca sampai selesai agar teman-teman dapat memahaminya secara keseluruhan.

400 – Bad Request
Pesan Error ini disebabkan karena Server Website tidak memahami perintah yang diberikan oleh Client. Hal ini umumnya disebabkan adanya kesalahan atau cacat script/programming pada Server. Karena itu, yang bisa mengatasi hanya Web development atau seorang programer yang mengembangkan Web tersebut.

401 – Unauthorized
Ada halaman Web tertentu yang hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. Untuk mengaksesnya, diperlukan username dan password khusus. Pesan Error 401 – biasanya pesan ini muncul karena Anda tidak memiliki hak akses pada halaman tersebut. Karena itu, untuk mengatasinya anda harus mempunyai username dan passwordnya agar bisa mengakses halaman tersebut.

403 – Forbidden
Pesan Error ini disebabkan karena admin Web mengatur halaman Web tersebut agar tidak bisa diakses oleh siapapun. Pesan ini bisa muncul karena si pemilik situs belum membayar sewa hosting, sehingga perusahaan pemilik Server memblokir situs tersebut. Akibatnya, siapa saja mengakses situs tersebut akan mendapatkan pesan Error 403 – Forbidden.

404 – Not Found
Address Not Found (pada Firefox), Error! Could not locate remote Server (pada Opera) dan The page cannot be displayed (pada Microsoft Internet Explorer).

Ada beberapa kemungkinan penyebab dari masalah ini, yaitu:
  1. Halaman atau file yang Anda akses memang sudah dihapus oleh si admin Website walaupun sebelumnya masih ada.
  2. Akses internet Anda sedang down (disconnect). Untuk mengatasinya, coba periksa akses internet Anda. Jika semuanya OK, coba ulangi lagi mengakses situs tersebut. Jika masih gagal, cobalah di lain kesempatan. Karena, seringkali terjadi kegagalan mengakses halaman Web ini hanya bersifat sementara. Jika anda sudah berkali-kali merefresh halaman tersebut namun tetap saja tidak bisa diakses, mungkin halaman tersebut sudah dihapus oleh si admin.
  3. Anda salah dalam mengetikkan alamat URL. Cara mengatasinya: cermatlah dalam mengetikkan alamat situs yang hendak Anda akses.

Baca Juga :
  1. Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone
  2. SSD (Solid State Drive) Terbaru dari WD Kapasitas Hingga 1TB
  3. Kelebihan dan Kekurangan Fitur Microsoft Office 2016
  4. Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat

408 Request Timeout
Terkadang suatu waktu saat kita mengakses situs tertentu sangat lambat. Biasanya setiap Server memiliki rentang waktu tertentu sebagai batas toleransi bagi Client untuk menyelesaikan proses mengakses Server. Pesan “Request time out” ini biasa muncul ketika terjadi delay saat mengakses halaman melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Biasanya, delay ini disebabkan karena adanya masalah pada akses internet Anda atau Server situs yang dikunjungi.

500 – Internal Server Error
Pesan Error ini biasanya muncul karena sedang terjadi troubleshoot atau maintenance pada Server situs yang sedang diakses. Cobalah untuk mengakses pada waktu lain. Siapa tahu masalah tersebut sudah dibereskan oleh si Webmaster situs dan Anda dapat mengakses situs tersebut secara normal seperti biasa.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment