Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone

Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone - Sekarang ini hampir semua tipe Smartphone sudah di sediakan fitur Tethering Hotspot. Fungsinya adalah untuk membagi koneksi internet ke komputer, laptop atau perangkat lainnya yang bisa memindai sinyal Wi-Fi.

Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone

Meskipun memiliki fungsi sama saja antara modem dan Tethering Smartphone, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar koneksi internet di komputer antara menggunakan sinyal modem dan Wi-Fi Tethering Hotspot di Smartphone.

Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone


  1. Kecepatan Download Dan Upload

    Kecepatan download koneksi data Smartphone 3G di Indonesia rata – rata lebih dari 21 Mbps. Sedangkan di modem dengan spesifikasi kecepatan demikian tentunya harganya jauh lebih mahal. Rata – rata modem yang digunakan pengguna saat ini memiliki kecepatan 3,6 dan 7,2 Mbps.

    Jadi pada intinya untuk kecepatan download maksimal maka Tethering menggunakan Smartphone jauh lebih baik. Karena dipastikan kecepatan download yang disediakan jaringan bisa tercapai.
    .
  2. Tingkat Kestabilan Koneksi Data

    Koneksi data di modem cenderung lebih stabil ketimbang menggunakan Smartphone. Jadi bagi kamu yang ingin tetap terkoneksi ke internet dengan jaringan yang stabil ada baiknya memilih untuk menggunakan modem.
    .
  3. Daya Panas

    Baik Smartphone maupun modem, keduanya akan sangat panas jika digunakan berlama – lama terlebih untuk koneksi jaringan yang kurang stabil. Namun untuk modem sendiri panas yang di timbulkan secara langsung dapat merusak ketahanan port USB.

    Sedangkan panas di Smartphone dapat menimbulkan kerusakan pada Smartphone itu sendiri, meskipun jarang di temui kasus Smartphone rusak karena sering untuk Tethering Hotspot.
    .
  4. Efisiensi Dan Efektivitas

    Untuk urusan efisiensi tentu saja Tethering menggunakan Smartphone jauh lebih unggul. Terlebih untuk modem sendiri memiliki fitur yang terbatas, seperti hanya bisa melakukan SMS dan tidak bisa untuk melakukan panggilan.

Namun untuk penggunaan dalam durasi waktu yang lama sebaiknya memang menggunakan modem. Alasannya jika menggunakan Smartphone, rasanya terlalu sayang jika Hardware Smartphone rusak karena penggunaan yang berlebihan.

Baca Juga :
  1. Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone
  2. SSD (Solid State Drive) Terbaru dari WD Kapasitas Hingga 1TB
  3. Kelebihan dan Kekurangan Fitur Microsoft Office 2016
  4. Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment