Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search

Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search - Sebagaimana kita ketahui, mesin pencari yang populer adalah Google. Apapun yang kita cari sangatlah mudah ditemukan karena berbagai Blog sobat dengan berjuta topik ada didalamnya. Namun ada satu pertanyaan yang mungkin sangat bermanfaat bagi sahabat kita yang membutuhkan informasi ”bagimana cara menampilkan Blog kita ada di Search engine Google.?”

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Blog atau Website

Mungkin jika Anda sudah melakukan beberapa optimasi SEO, namun dari hasilnya tetap saja Website Anda masih saja tidak menempati halaman pertama Google Search, artikel ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi bagi anda, untuk mengetahui penyebab dari kesalahan dan sebagai salah satu solusi agar artikel atau postingan anda bisa menempati halaman pertama Google Search. Banyak yang sudah melakukan segala upaya untuk mendapatkan halaman satu pencarian, namun dari mereka yang sudah melakukan itu tidak berhasil alias tidak mendapatkan hasil apa-apa. Dalam hal ini mungkin Anda mencari satu solusi yang tepat supaya Anda mengetahui Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search. Pada banyak kasus orang yang sudah tidak berhasil mereka cenderung berputus asa. Iya tidak bisa kita salahkan, sebab mungkin sudah banyak cara yang sudah mereka lakukan agar artikel menempai posisi pertama Google Search, untuk itu beberapa ide ini bisa menjadikan Anda menjadi lebih cerdas untuk mendapatkan posisi pertama di Google Search.

Baca Juga : Alasan Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

Optimalkan Kinerja SEO Onpage


Yang pertama kita lakukan untuk mendapatkan halaman pertama Google adalah dengan melakukan optimasi SEO, dalam hal ini mungkin jika Anda sudah memahami tentang cara optimasi SEO Onpage maka Anda akan tahu & mungkin saja akan lebih paham dengan saya disini. Namun apakah semua optimasi SEO Onpage yang sudah Anda lakukan sudah benar? Ini pertanyaan yang mungkin saja menjadi persoalan Anda. Banyak cara untuk mengetahui apakah sudah benar atau hanya kebetulan. Yang paling umum para Blogger sudah cek optimasi SEO mereka dengan menggunakan layanan tool yang ada di internet, bila saat cek sudah benar maka sudah beres pekerjaan mereka. Hal ini bisa menjadi salah satu masalah, karena SEO Onpage tidak hanya pada pada title, description, dll.

Itu bisa saja berlaku untuk Blogspot, wordpress.com atau lainnya. Tapi jika Anda menggunakan wordpress self hosting tentu sangat beda lagi, sebab disini kita lebih mudah untuk melakukan optimasi SEO Onpage dengan menggunakan plugin. Nah… plugin yang paling umum digunakan untuk wp adalah plugin SEO populer seperti yoast, all in one SEO pack dan masih banyak lagi.

Akan tetapi apakah menurut anda settingan plugin yang anda gunakan sudah benar? ini menjadi salah satu pertanyaan, saya yakin dari sekian banyak pengguna wordpress belum begitu paham dengan fungsi plugin ini. Kalau tidak paham mungkin saja untuk menuju halaman 1 Google akan lebih sulit, iya atau tidaknya silahkan tanya pada diri Anda sendiri.

Baca Juga :
  1. Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Iklan CPC Google Adsense
  2. Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search
  3. Kenapa Banyak Pengunjung Blog Berasal Dari Yandex.ru dan Rusia ??
  4. Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Backlink Gratis dari Situs Google

Hampir semua plugin SEO selalu memberikan kemudahan kita untuk melakukan optimasi SEO Onpage dengan benar, nah disini saya akan membagikan referensi yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri yaitu:
  1. Buatlah title / judul yang unik, semakin unik semakin menarik, biasanya judul yang unik selalu identik dengan yang namanya long tail keyword, jadi selain menggunakan keywords utama kita masih bisa menyisipkan kata kunci lain agar peluang untuk menampati halaman pertama Google Search semakin besar.
  2. Meta description juga harus relevan dengan judul Blog yang Anda ingin, untuk optimalnya description juga harus memut kata kunci yang Anda inginkan, ini salah strategi SEO yang paling manjur dan akan lebih mudah untuk mendapatkan halaman 1 Google.
  3. Usahakan dalam membuat permalink di wp selalu ramah, jadi jangan membuat permalink yang tidak mengandung kata kunci, ini akan salah besar & bahkan akan lebih sulit untuk mendapatkan halaman 1 pencarian.
  4. Aktifkan fungsi dari plugin SEO seperti tool robots txt & Sitemap.xml karena kedua elemen ini sangat penting untuk mesin pencari supaya mempermudah mereka untuk merayapi isi dari pada situs Web Anda.

Dari 4 hal diatas, jika sudah Anda optimalkan dengan benar, maka Anda sudah selesai dalam menjalankan Aksi optimasi SEO pada tahap pertama. Selanjutnya kita menuju satu pekerjaan lagi untuk mendapatkan halaman 1 Google.

Pahami Tentang Kinerja Webmaster


Titik temu dari tips optimasi SEO Website akan selalu ditampilkan di Webmaster, banyak yang tidak paham tentang Webmaster, bahkan ada Blogger yang sudah bertahun-tahun mereka mengelola Blog namun tidak pernah tahu tentang fungsi alat Webmaster ini, padahal Webmaster ini adalah salah satu senjata kita dalam melakukan semua hal, bahkan sangat penting daripada kita mencari backlink yang banyaknya jutaan.

Kesalahan yang fatal, ketika mengelola Blog atau Web setiap kali sudah berhasil mendaftarkan ke Webmaster, mereka tidak rajin untuk memantau semua pergerakan dari Webmaster, ini adalah salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh beberapa orang yang sudah membuat Web.
Apakah ini penting untuk Web kita untuk mendapatkan halaman pertama Google? Saya bilang sangat penting sebab monotoring Webmaster ini akan memberikan sinyal tentang beberapa masalah Website kita. semakin Anda paham dengan isi dari tool Webmaster ini, maka Anda akan semakin mudah mendapatkan halaman 1 pencarian. Apakah ini benar? Silahkan coba sekarang jika Anda ingin tahu tentang hal yang sebenarnya pada Website Anda.

Tanam Backlink Di Website Yang Relevan


Pada dasarnya Google & mesin pencari lain akan memberikan sinyal positif untuk sebuah Web yang relevan, dalam hal ini adalah tentang satu Web dengan Web lainnya harus relevan. Banyak yang salah tentang penanaman backlink sehingga mendapatkan pinalti dari Google yang bisa berakibat buruk untuk Blog atau Website itu sendiri.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, apalagi kalau mencari Website yang relevan dengan Website anda itu mungkin saja akan membuat sulit. Tapi mengingat tentang backlink yang baik harus melihat relevansi maka tidak akan membuat Anda putus asa. Pasalnya dengan backlink yang se niche / se topik dengan Website kita akan lebih mudah muncul di halaman pertama pencarian Google. Ini yang perlu Anda ketahui. Ingat…!!! 10 backlink berkualitas bisa mengalahkan Web yang memiliki backlink ribuan.

Backlink berkualitas tidak hanya bisa kita cari dengan Website yang se niche, namun bisa juga kita review dengan Web lain yang memiliki ranking tinggi tentunya, baik itu angka alexa, DA dan PA. Semuanya harus juara, kalau tidak maka lebih sulit untuk mendapatkan halaman pertama Google Search.

Posting Artikel Secara Berkala


Tips optimasi SEO yang terakhir adalah update posting secara teratur, dalam hal ini banyak yang berpendapat bahwa Web yang sering di update akan lebih mudah untuk mengungguli Website lain. Hal ini sudah real terjadi, jadi sangat disarankan bagi anda untuk posting artikel secara berkala atau terjadwal tidak berdasarkan mood.

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Blog atau Website

Secara garis besar, biasanya Website yang jarang di update mereka sudah memberikan beberapa sajian postingan yang berkualitas, meskipun jarang posting adalah dengan membuat Evergreen Content yaitu sebuah konten atau artikel yang bisa menyesuaikan diri meskipun di baca kapan aja, atau bahasa lainnya konten yang tidak pernah basi/expired. Maka dari itu Evergreen Content bisa di baca meskipun sudah bertahun-tahun tidak akan basi.

Berikut adalah ciri-ciri Evergreen Content untuk membuat Trafik Pengunjung Stabil Meskipun Jarang Posting

1.    Konten Definisi
Konten ini merupakan yang paling banyak di cari lewat internet, sedangkan arti dari konten definisi adalah konten yang mejelaskan arti atau makna tentang sesuatu. Jadi jenis konten ini sering di cari dan di minati oleh kalangan banyak. Karena jenis konten ini tidak akan pernah basi dan akan terus di cari meskipun sudah bertahun-tahun artikel ini di posting.

2.    Konten Tutorial
Konten Tutorial juga termasuk konten Evergreen, karena konten ini juga masih di gunakan meskipun sudah lama tahun postingnya. Meskipun ada konten tutorial yang baru tapi biasanya isinya tidak jauh berbeda dengan konten ynag telah di posting lebih dahulu.

3.    Konten Daftar
Konten ini juga sangat di minati oleh para pengunjung, biasanya konten ini berisikan suatu daftar dari suatu hal yang di rasa penting bagi para pengunjung. Sehingga berisi informasi yang menarik untuk para visitor, khususnya untuk para pengunjung yang KEPO, hehehe. Biasanya pada judul konten ini terdapat angka untuk menunjukan berapa daftar informasi di dalam konten tersebut.

Baca Juga :
  1. Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Iklan CPC Google Adsense
  2. Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search
  3. Kenapa Banyak Pengunjung Blog Berasal Dari Yandex.ru dan Rusia ??
  4. Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Backlink Gratis dari Situs Google

Jadi kesimpulannya Website yang selalu berada di halaman pertama terus kemudian tidak update, hal ini karena terdapat beberapa posting yang sangat luar bisa, baik dalam penulisan, pemilihan judul hingga pada keyword density yang mereka tebarkan. Ini yang harus Anda ketahui tentang Web yang bisa bertahan bertahun-tahun di halaman pertama pencarian. Jadi apakah perlu kita terus update atau tidak update, pertanyaan ini mungkin hanya Anda sendiri yang tahu.

Itulah Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search & mesin lainnya, yang pasti untuk mengelola Blog atau Web selalu memperhatikan kesehatan situs, sebab dengan cara ini maka kita akan lebih mudah untuk meraih halaman pertama Search engine.

0 komentar:

Post a Comment