Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat

Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat - Performa dari barang elektronik dipengaruhi dari Spesifikasi, cara penggunaan dan usia dari perangkat itu sendiri. Maka jika terjadi penurunan performa pada sebuah komputer atau notebook setelah penggunaan bertahun – tahun itu sangatlah wajar.

Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat

Signifikasi penurunan tersebut bisa berbeda – beda di tiap komputer, hal yang sangat mempengaruhi adalah cara penggunaan dan perawatan. Maka pada kesempatan ini saya akan memberikan tips sebagai referensi untuk meningkatkan performa kinerja komputer atau Laptop seperti kondisi baru.

Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat


1. Shutdown Dan Restart
Penggunaan komputer dalam durasi waktu yang lama juga bisa membuat sistem komputer bekerja sangat keras, salah satunya bisa terlihat dari penggunaan RAM yang semakin besar. Hal ini terjadi karena semakin banyak multitasking yang dilakukan oleh baik yang berjalan di latar belakang yang di handle oleh si komputer.

Jadi jika komputer digunakan untuk bekerja seharian, cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk shutdown atau me-restart komputer tersebut.

2. Simpan File Besar Di Hard Drive Eksternal
Semakin besar spasce HardDisk pada sebuah komputer maka semakin ringan kinerja komputer tersebut. Seringkali pengguna tidak memperhatikan space HardDisk dan meletakkan semua file pada satu tempat penyimpanan di Laptop atau komputer.

Jadi jika memungkinkan hapus file tidak penting dan simpan file tersebut di Hard Drive eksternal atau tempat penyimpanan lain.

3. Hapus Program Tidak Penting
Dari sekian banyak program aplikasi atau software yang terinstall di komputer kamu apakah semuanya penting bagi kamu ? Apabila banyak aplikasi yang terinstall di komputer, pilihlah yang paling sering digunakan dan paling penting. Program di komputer meskipun tidak di buka terkadang berjalan juga di latar belakang dan otomatis membebani sekian persen kinerja pada komputer kamu.

4. Batasi Program Berjalan Saat Booting
Ada beberapa program yang sebenarnya tidak perlu di jalankan ketika kamu menghidupkan komputer. Silahkan kamu dapat menonaktifkan program tersebut dengan cara Win + R kemudian ketik msconfig dan pilih Startup kemudian matikan beberapa program yang tidak perlu di jalankan di Startup.

5. Mode Baterai
Jika kamu perhatikan umumnya ada 3 mode baterai power di Laptop atau notebook, diantaranya Battery Saver, Balance dan High Performance. Pembagian mode power tersebut di tujukan untuk penggunaan daya yang lebih efisien.

Jika kamu tidak memperhatikan konsumsi daya maka gunakanlah mode baterai High Performance untuk performa terbaik Laptop kamu. Caranya masuk ke Control Panel – Hardware and Sound – Power Option.

6. Menghapus File Sampah
Untuk menghapus file sampah sebenarnya kamu dapat menggunakan aplikasi seperti CCleaner, atau jika ingin cara manual silahkan klik kanan pada Disk kemudian pilih Properties dan klik Disk Cleanup.

7. Disk Defragment
Disk defragmenter berfungsi mengoptimalkan penggunaan memori di komputer kamu atau merapihkan ruang pada Disk sehingga bisa untuk menambah beberapa file yang tersimpan pada Disk, sehingga kinerjanya menjadi lebih efektif. Caranya silahkan klik kanan pada Disk kemudian pilih Properties pilih tab Tools dan klik Optimize, silahkan pilih semua Disk dan klik Optimize.

8. Hapus Temporary File
Temporary file dapat kamu lihat dengan cara Win + R kemudian ketik temp dan Enter. Silahkan hapus semua file di folder Temp, gunakan Shift + Del untuk menghapus secara permanen dan tidak di masukkan dalam Recycle Bin.

Baca Juga :
  1. Perbedaan Dasar Koneksi Internet Modem dan Tethering Hotspot Handphone
  2. SSD (Solid State Drive) Terbaru dari WD Kapasitas Hingga 1TB
  3. Kelebihan dan Kekurangan Fitur Microsoft Office 2016
  4. Cara Meningkatkan Performa Komputer / Laptop Lebih Cepat

9. Upgrade Hardware Komputer Kamu
Jika kamu menginginkan performa komputer yang benar – benar maksimal, upgrade Hardware komputer kamu meliputi prosesor, RAM, VGA dan lain sebagainya. Kalau kamu pengguna Laptop maka hanya bisa upgrade RAM saja.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini dan memberikan masukan setelah membaca. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment