Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search - Siapapun anda yang sudah mengenal dunia Blogging dan manfaat dunia Blogging pasti akan melakukan apapun supaya Blog atau Website nya dibanjiri pengunjung dan trafiknya terus meningkat, ya karena pengunjung adalah syarat utama Blog bisa dikatakan sukses, dengan visitor yang berlimpah itu artinya Blog anda akan mudah sekali dimonetisasi untuk menghasilkan uang.

Untuk mendapatkan pengunjung atau visitor yang berlimpah ke Blog tentu saja perlu usaha dan harus tau caranya jika tidak maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan pengunjung, untuk Blogger yang berpengalaman cara agar Blog mendapatkan pengunjung berlimpah tentu bukan hal yang terlalu sulit karena Blogger pengalaman tau langkah apa yang harus dilakukan, tapi untuk Blogger yang baru mengenal dunia Blogging pasti akan kesulitan karena kurangnya pengalaman dan referensi tentang dunia Blogging dan bagaimana cara untuk mengoptimasikan trafik Blognya agar bisa dikunjungi oleh pengguna internet.

Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Kunci utama untuk mendatangkan pengunjung ke Blog adalah artikel, namun popularitas artikel akan sangat ditentukan oleh kata kunci yang digunakan untuk judul , oleh karena itu selain jumlah artikel kata kunci judul menjadi salah satu peran penting untuk meningkatkan trafik sebuah Blog. Oleh karena itu tidak heran banyak para Blogger yang bersusah payah untuk menemukan kata kunci (Keyword) terpopuler di Google Search untuk dibuat judul yang tepat untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel berkualitas

Baca juga : Bahaya Membuat Ribuan Backlink dan Dampak terhadap SEO Blogger

Lantas seperti apakah Kata kunci yang baik itu ?
Kata kunci yang baik adalah kata kunci yang pencariannya tinggi namun tingkat persaingan yang sedikit, untuk mendapatkan kata kunci semacan ini tentu saja tidak bisa asal tebak, walaupun mungkin saja dengan hanya menebak kata kunci yang didapat adalah kata kunci yang memang populer dan minim Competitor atau pesaing, namun peluangnya akan sulit.

Cara terbaik untuk mendapatkan kata kunci yang terpopuler seperti itu adalah dengan cara melakukan riset kata kunci. Apa itu riset kata kunci? Riset kata kunci adalah segala upaya yang pada umumnya menggunakan bantuan Tool khusus baik desktop maupun online, untuk lebih mudah mengetahui atau mendapatkan kata kunci yang paling terpopuler yang akan dijadikan judul artilkel.

Cara Mengetahui kata kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Ada banyak sekali cara mendapatkan kata kunci terpopuler dan banyak dicari di mesin pencari Google, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Google Auto Suggestion
Yang pertama yang bisa anda coba untuk mendapatkan kata kunci yang terpopuler adalah menggunakan Google Auto Suggestion, apa itu Google auto Suggetsiton?, Google Auto Suggestion adalah informasi kata kunci relevan yang tampil di kotak pencarian Google ketika pengguna ingin mencari sesuatu di internet.

Untuk mendapatkan kata kunci dari Google Auto Suggestion, caranya sangatlah mudah, silahkan buka saja situs Google.com, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci yang anda inginkan, missal “cara mencari kata kunci”, maka  jika kata kunci tersebut memiliki relevansi dengan kata kunci lainnya yang sering digunakan orang untuk melakukan pencarian, maka kotak pencarian Google akan menampilkan kata kunci saran yang masih berkaitan.

Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Kelihatan sekali bukan, kata kunci terkait dengan yang anda ketikan akan muncul, kata kunci tersebut bisa anda jadikan judul dengan tambahan varian kata, kata kunci relevan yang muncul di kotak pencarian Google sebenarnya kata kunci yang sering digunakan  pengguna ketika melakukan pencarian yang berhasil di rekam oleh mesin pencari Google Search.  Kata kunci tersebut disebut dengan kata kunci LSI (LSI Keyword), biasanya tampil  dalam jumlah tertentu.

Sayangnya Google Auto Suggestion tidak menampilkan jumlah pencarian, tapi untuk mendapatkan kata kunci yang benar-benar berkualitas, anda bisa kombinasikan antara Google Auto Suggestion dengan Google Keyword planner.

2. Menggunakan Uber Suggest atau Keyword Tool

 Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Uber suggest sebenarnya hampir mirip dengan Google Auto Suggestion, namun dapat menampilkan kata kunci relevan lainnya yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari, Google, yahoo, youtube, bing maupun mesin pencari lainnya.

Kelebihan Uber suggest dan Keyword sTool adalah Tool ini dapat menampilkan kata kunci relevan yang anda umpan dalam jumlah yang sangat banyak, jika Google autosuggest hanya menampilkan 5 kata kunci saja, ubbersuggest dan juga Keyword Tool dapat menampilkan seluruh kata kunci terkait yang sesuai dengan kata kunci yang ingin anda jadikan judul.

Untuk menggunakan ubbersuggest dan juga KeywordTool.io, caranya sangatlah mudah, anda buka saja halaman situs ubersuggest.io dan juga KeywordTool.io tersebut kemudian masukan kata kunci yang anda target kemudian lakukan pencarian, Tool tersebut akan mampu menampilkan informasi kata kunci relevan lainnya yang  sesuai dengan kata kunci yang anda incar.

Baca juga : Bahaya Membuat Ribuan Backlink dan Dampak terhadap SEO Blogger

Kata kunci yang didapatkan dari ubbersuggest atau KeywordTool.io, dapat anda jadikan judul dan juga dapat anda libatkan di dalam artikel yang anda buat sesuai dengan judul yang diambil, dengan tujuan untuk memperkaya pembendaharaan kata kunci relevan dalam artikel yang sesuai dengan judul.

3. Menggunakan Google Adwords Keyword Planner

Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Google Keyword planer adalah Tool yang terdapat di dalam Google Adword, yaitu Tool yang disediakan oleh Google untuk membantu para pengiklan menemukan kata kunci yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian. Penggunaan Google Keyword planner sebenarnya disediakan untuk pengiklan Google atau advertiser Google, namun keberadaanya ternyata dapat digunakan juga untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak di cari di mesin pencari Google untuk judul artikel.

Kelebihan melakukan pencarian kata kunci populer menggunakan Google Keyword planner adalah, informasinya lengkap dari mulai jumlah pencarian perbulan untuk tiap kata kunci yang tampil, prediksi kompetitor (khusus pengiklan), dan juga bid atau nilai iklan untuk kata kunci tersebut.

Selain digunakan untuk mendapatkan kata kunci terpopuler Google Search, Google Keyword Planner juga sering digunakan oleh publisher Google Adsense untuk mendapatkan kata kunci yang memiliki nilai klik besar atau disebut dengan istilah High Paying Keyword.

4. Menggunakan Google Trends

Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search

Tool online gratis berikutnya yang juga bisa digunakan untuk mendapatkan kata kunci terpopuler di Google adalah menggunakan Tool Google Trends, yaitu Tool khusus yang dapat menampilkan kata kunci yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian di mesin pencari Google.

Baca Juga :
  1. Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Iklan CPC Google Adsense
  2. Cara Optimasi SEO Agar Artikel Muncul Di Halaman Pertama Google Search
  3. Kenapa Banyak Pengunjung Blog Berasal Dari Yandex.ru dan Rusia ??
  4. Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Backlink Gratis dari Situs Google

Google trends cukup lengkap karena informasi dari kata kunci yang ditampilkan dilengkapi dengan grafik trend, yaitu grafik popularitas kata kunci pada periode tertentu, ini memberikan informasi berharga kepada para Blogger karena para Blogger dapat mengetahui tingkat kepopuleran kata kunci dalam periode tertentu, sehingga Blogger dapat memilih kata kunci yang memiliki tren minimal stabil atau meningkat.

Dengan Google trends anda bisa mencari kata kunci dari berbagai seluruh dunia yang sering di gunakan untuk kata kunci pencarian Google oleh pengguna internet, anda bisa memanfaatkan Tool ini untuk mendapatkan informasi kata kunci yang sendang populer untuk judul artikel yang anda buat.

Tool Manakah yang terbaik untuk mendapatkan kata kunci terpopuler?
Dari Tool di atas mungkin anda bertanya Tool manakah yang paling baik untuk riset kata kunci?, Mungkin pendapat setiap Blogger akan berbeda, namun menurut saya pribadi adalah Mengkombinasikan cara-cara di atas.

Yang saya sering gunakan adalah Keyword Tool.io, kita lakukan pencarian di Keyword Tool io kemudian hasil pencarian dari Keyword Tool io, saya analisa di Google Keyword planner untuk mendapatkan jumlah pencari bulanan untuk tiap kata kunci yang ditemukan di Keyword Tool io atau ubber suggest.

Atau bisa juga dimulai dari Google trends, kemudian dilanjutkan ke ubber suggest untuk mendapatkan variant kata kunci (LSI Keywords), kemudian dari hasil uber suggest di analisa di Google Keyword planner untuk melihat jumlah pencarian perbulan untuk tiap kata kunci yang bersangkutan.

Apapun yang anda lakukan, kata kunci relevan yang ditemukan sebisa mungkin bisa anda gunakan untuk judul dan juga dilibatkan di dalam artikel sebagai kata kunci LSI yang dapat meningkatkan pembendaharaan kata kunci relevan sehingga artikel akan lebih mudah ditemukan dengan varian kata kunci relevan lainnya.

Itulah tentang Cara mendapatkan Kata Kunci (Keyword) Terpopuler di Google Search, semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment